Pleno, Suara RM Kuasai Lebong

Pleno, Suara RM Kuasai Lebong

\"1\"

TUBEI,BE - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebong hari Rabu (16/12) kemarin, melaksanakan pleno rekapitulasi perolehan suara calon Bupati/calon Wakil Bupati dan calon Gubernur/ calon Wakil Gubernur. Pleno Pertama digelar untuk prolehan suara calon Gubernur dan Wakil Gubernur. Hasil pleno menunjukkan perolehan suara Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah menguasi Kabupaten Lebong.

Ketua KPU Lebong, Sugianto mengungkapkan, hingga pukul 18:00 WIB baru terselesaikan 10 PPK dari 12 PPK di Kabupaten Lebong. Dari hasil pleno itu, pasangan calon Gubernur Dr H Ridwan Mukti MH dan Dr H Rohidin Mersyah MM mengusai Kabupaten Lebong dengan perolehan suara mencapai 30.442 suara. Sedangkan, untuk pasangan Sultan B Najamudin dan Mujiono hanya memperoleh 13.916 suara. Pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi hasil suara akan dilakukan hingga Tuntas. Namun, sementara tertunda karena pada saat dilakukan Penghitungan jumlah pemilih di Kecamatan Lebong sakti, ada terdapat selisih Jumlah seluruh pengguna hak pilih dengan Jumlah surat suara yang digunakan.

\"Berdasarkan formulir model DA1-KWK jumlah seluruh pengguna hak pilih tercatat 5,932 hak pilih. Pengguna hak pilih dalam Daftar Pemilih Tetap Tambahan-1 (DPTb-1) dari KPU tercatat sebanyak 68 orang dengan rincian 33 perempuan dan 35 laki laki. Namun dari rekap PPK jumlah dptb1 yang menggunakan hak pilih tercatat sebanyak 66 orang. Dengan rincian 26 perempuan dan 38 laki laki ini memunculkan seleisi 3 pemilih laki laki, sedankan penggunaan kertas suara tercatat di DA1-KWK sebanyak 5929.

\'\'Ini lah yang menjadi Permasalahan sehingga dilakukan penelusuran ulang apakah ada pengguna hak pilih dalam Daftar Pemilih Pindahan (DPPh) atau DPTB2,\" kata Sugianto.

Dari pengamatan di lokasi pleno KPU Lebong, penelusuran selisih penggunaan suara dengan pemilih tersebut dilakukan mulai pukul 16:00 WIB hingga pukul 18.00 WIB, namun belum juga tuntas. Inilah yang menjadi penyebab tertundanya pleno rekapirtulasi Suara PPK Lebong sakti dan PPK Lebong Utara. Sedangkan, rekapitulasi yang telah selesai dilakukan yakni PPK Kecamatan Amen, PPK Bingin Kuning, PPK Lebong Atas, PPK Lebong Selatan, PPK Lebong tengah, PPK Pelabai, PPK Pinang Belapis, PPK Rimbo Pengadang, PPK Topos dan PPK Uram Jaya.

\"Sejauh ini PPK yang telah dipelenokan tidak ada kendala berarti. Kita tinggal menunggu hasil penelusuran yang di lakukan PPK Lebong sakti terhadap selisih pemilih dan surat Sura yang terjadi. Setelah ini tuntas maka dilakukan pleno untuk PPK Lebong Utara,\" kata Sugianto.

Ketua dan Sekretaris Dikawal

Kondisi pasca pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kabupaten Lebong yang dikhawatirkan tidak kondusif membuat Polres Lebong melakukan berbagai cara dalam melakukan pengamanan. Bahkan saat ini, Ketua KPU Sugianto dan Sekretaris KPU Kabupaten Lebong Khirdes Lapendo Pasju SSTP mendapatkan pengamanan melekat dari Kepolisian. Kondisi ini dilakukan sesuai kebutuhan hingga berlangsungnya proses pemilukada damai di Kabupaten Lebong.

Kapolres Lebong, AKBP Zainul Arifin SE MH mengatakan, hingga saat ini kondisi pemilukada di Kabupaten Lebong berjalan kondusif. Namun begitu, polisi tetap memberikan pengamanan ekstra terhadap Ketua KPU dan Sekretarisnya. Tidak hanya itu, Polisi juga tetap melakukan pengamanan terhadap anggota Komisioner KPU Lebong sesuai kebutuhan. Pam melekat ini juga dilakukan terhadap Ketua Panwaslu Lebong, Deski Bewantara SH MH.

\"Untuk keamanan, ketua KPU Lebong, sekretaris dan ketua panwaslu saat ini kita dari Polres Lebong kirim personel untuk pengamanan melekat,\" kata Kapolres.

Untuk Proses Pilkada Lebong, lanjut Kapolres, hari ini (kemarin, red) mulai dilakukan Pleno perolehan suara di Tingkat Kabupaten. Sebelumnya telah selesai ditingkat PPK. Untuk pleno di KPU ini, Pengamanan dilakukan secara berlapis dan mengerahkan anggota Polres Lebong serta melibatkan Brimob, TNI dan satpol PP. Untuk menghindari kericuhan atau hal-hal yang dapat menghambat jalannya pleno, peserta yang masuk keruangan mengikuti Pleno dibatasi jumlahnya.

\"Untuk diluar ruang KPU, khususnya dijalan dilakukan pengamanan dari dua sisi. Anggota pengamanan dilengkapai senjata Lengkap dan kita tidak main-main terhadap pelaku yang mencoba menghalangi pleno,\" ungkap Kapolres. (777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: