Jelang Ramadhan BI Perluas Jangkauan
bengkuluekspress.com - Misi Bank Indonesia dibidang pengelolaan uang rupiah yakni memenuhi kebutuhan uang rupiah di masyarakat dalam jumlah yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu dan dalam kondisi yang layak edar. Menjelang bulan Ramadhan Bank Indonesia akan memperluas lagi jangkauannya ke setiap daerah, maka mulai tanggal 1 Juni 2015 layanan penukaran uang rupiah akan dilakukan oleh kantor perwakilan Bank Indonesia Bengkulu dan seluruh kantor bank yang beroperasi di Provinsi Bengkulu. Dalam rangka menjalankan amanah undang-undang nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang. Hal ini disampaikan langsung oleh Deputi bidang ekonomi keuangan Bank Indonesia, Christin R Sidabutar dalam acara press release pada pukul 14.00 WIB kemarin. \"Untuk sementara terdapat 5 kantor Bank yang telah siap untuk memberikan pelayanan penukaran uang, yang selanjutnya akan diikuti oleh seluruh kantor Bank dengan kapasitasnya masing-masing,\" ujar Christin Lima Kantor Bank tersebut yakni, PT Bank Mandiri (persero) Tbk cabang Bengkulu, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk cabang Bengkulu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk cabang Bengkulu, kemudian PT Bank Central Asia Tbk cabang Bengkulu, dan PT Bank Pembangunan Daerah Bengkulu cabang utama. Terkait hal tersebut, kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu akan memperluas jangkauan pelayanan penukaran uang melalui layanan kas mobil keliling khususnya di wilayah-wilayah yang tidak terdapat kantor Bank. \"Namun untuk penukaran uang cacat dan uang rusak akan tetap dilayani di kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu pada setiap hari kerja,\" tukasnya. Dijelaskannya, hal ini merupakan peran perbankan untuk memberikan pelayanan kemasyarakat dalam kegiatan penukaran uang rupiah agar tidak ada lagi daerah yang tidak mendapatkan pelayanan penukaran uang sehingga membagi kesetiap daerah di Provinsi Bengkulu. \"Jangan sampai kas keliling atau layanan penukaran uang bertumpuk di suatu tempat saja, maka kita perluas jangkauannya dengan mencoba pergi ke daerah lain yang tidak ada pelayanan kantor Bank nya dan kita tahu masyarakatnya banyak dan membutuhkan,\" tukasnya. Ditanya mengenai jumlah besaran uangnya, Christin mengatakan berapa pun jumlah yang dibutuhkan setiap Bank telah mempersiapkan dengan jumlah yang mencukupi. \"Kita yakin masyarakat animonya akan semakin meningkat maka akan kita sesuaikan, jadi loket penukaran ini tidak hanya dilakukan menjelang ramadhan tapi akan di lakukan secara terus-menerus dalam jangka waktu yang panjang,\" tandasnya. Selain itu ditambahkan oleh Asisten Manager Bank Indonesia, Maulana, kegiatan penukaran ini dibagi 2 mekanisme yang awalnya yaitu di kantor Bank Indonesia sendiri melalui loket kemudian juga pihaknya akan melakukan pelayanan jemput bola, seperti menyusuri ke daerah-daerah yang jauh dari perbankan. \"Terutama di kabupaten, dan kita sudah sampai ke Kabupaten Mukomuko, Ipuh, Manna, Kaur, Lebing, Muara Aman, dan hal ini sudah kita sejak dulu kita lakukan,\" papar Maulana.(Angga)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: