532 Polhut Dilatih Polres

532 Polhut Dilatih Polres

\"tampak

CURUP, BE- Sebanyak 532 anggota polisi kehutanan (Polhut) yang bertugas di Dinas Kehutanan dan Perkebunan Rejang Lebong mendapat pembinaan dari Polres Rejang Lebong. Pelatihan sendiri dilaksanakan Senin (2/2) di ruang rapat Kantor Dinas Kehutanan di Jalan Sukowati Curup.

Kapolres Rejang lebong AKBP Dirmanto melalui Kasat Binmas AKB Nurdai didampingi KBO Binmas Aiptu Hasan menjelaskan, pemberian pembinaan terhadap anggota Polhut tersebut diantaranya tentang disiplin anggota polhut dalam bertugas.

Kemudian, jajaran Polres juga memberikan pembinaan terhadap tufoksi-tufoksi anggota polhut dalam menjalankan tugasnya dilapangan.

Menurut Kasi Op Binmas Aiptu hasan pembinaan yang mereka lakukan dengan sistem dialog dan tanya jawab. Hal tersebut dilakukan karena diketahui jika selama ini para Polhut yang masih berstatus kontrak belum maksimal menjalankan tugasnya disebabkan karena keraguan system serta kewenangan dalam menjalankan tugasnya dilapangan.

\"Selama ini terutama yang masih kontrak apakah bisa mengamankan aksi-aksi pelaku ilegal logging dan lainya yang berkaitan dengan tugas Polhut dilapangan,\" ungkap Hasan.

Untuk menjawab keraguan tersebut, pihaknya menjelaskan polhut memiliki wewenang dalam melakukan pengamanan dan penagkapan pelaku ilegal logging dan lainya. Namunm dalam penyelidikan harus diserahkan ke mapolres Rejang lebong dan pihak terkait lainya.

Lebih lanjut ia menjelaskan dengan adanya polhut, pihak berwajib juga terbantu dengan memberikan pantauan pada wilayahnya masing-masing oleh polhut. Kemudian terpenting adanya banguan informasi masyarakat untuk mengungkap pelaku-pelaku ilegal logging yang merugikan kita semua.

Dibagian lain, petugas Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penanggulangan Bencana Kebakaran (PBK) Rejang Lebong membutuhkan pelatihan kedisiplinan serta tambahan sejumlah sarana dan prasarana guna menunjang kinerja petugas dalam mengantisipasi maraknya peristiwa kebakaran yang terjadi dikabupaten Rejang Lebong.

Hal tersebut disampaikan Kepala UPT PBK Rejang Lebong Romi Kusmardiono. Menurutnya, jika petugas PBK tidak disiplin, maka petugas tidak bisa melaksanakan tugasnya dengan baik.

Untuk memberikan pelatihan para petugas PBK, pihaknya berencana akan mengajukan kerjasama dengan pihak Polres Rejang Lebong untuk melaksanakan pelatihan petugas PBK.

Ia juga mengaku jik di unit PBK Rejang lebong, masih sangat membutuhkan kendaraan operasional untuk menunjang kinerja anggota PBK.

\"Kalau dari segi jumlah armada, kita masih kurang, namun tetap kita berdayakan semaksimal mungkin armada yang sudah ada saat ini,\"paparnya. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: