Pemkab Rejang Lebong Siapkan 1.200 Bibit Itik

Pemkab Rejang Lebong Siapkan  1.200 Bibit Itik

CURUP, BE - Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong semakin genjar mengembangkan populasi itik Talang Benih sebagai itik khas Rejang Lebong. Selain bekerjasama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu dalam bentu kluster, Pemkab Rejang Lebong juga menyiapkan alokasi sendiri untuk bantuan bibit itik Talang Benih.

Menurut Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Rejang Lebong, Ir Amrul Eby, melalui APBD Tahun 2015 ini pihaknya menganggarkan dana sebesar Rp 150 juta untuk pembelian bibit itik Talang Benih. Menurut Eby, dengan dana sebesar itu pihaknya bisa menyediakan sebanyak 1.200 bibit itik Talang Benih.

\"Mudah-mudahan tidak ada perubahan sehingga bantuan bibit tersebut bisa terealisasi,\" harap Eby.

Lebih lanjut Eby menjelaskan, bantuan bibit itik tersebut akan disebarkan di seluruh Kabupaten Rejang Lebong baik di kawasan Lembak hingga kawasan lainnya seperti kawasan Bermani Ulu. Dengan adanya bantuan tersebut, diharapkan penyebaran itik Talang Benih semakin luas dan tidak hanya terfokus di kawasan Talang Benih dan sekitarnya saja.

\"Selain bantuan bibit, kita juga memberikan bantuan lain yaitu pakan stimulan dan pelatihan kepada kelompok ternak yang mendapatkan bantuan tersebut,\" jelas Eby.

Terkait dengan penerima bantuan bibit itik itu sendiri, Eby menjelaskan hingga saat ini pihaknya belum menentukan siapa saja yang akan mendapat bantuan tersebut, karena menurut Eby, pihaknya masih menunggu hasil verifikasi terkait dengan APBD Rejang Lebong tahun 2015.

Lebih jauh Eby menjelaskan, dengan adanya anggaran untuk pengembangan itik Talang Benih ini, diharapkan ke depannya Pemkab Rejang Lebong tidak bergantung dengan Bank Indonesia lagi, karena menurut Eby, kerjasama dengan Bank Indonesia terkait dengan Kluster itik Talang Benih ini akan berakhir pada tahun 2015 ini.

\"Dengan adanya anggaran ini, maka kita mulai mengembangkan sendiri populasi itik Talang Benih sebagai itik khas Rejang Lebong,\" jelas Eby.

Sementara itu untuk bantuan dari Bank Indonesia sendiri, pada tahun 2015 ini, Bank Indonesia kembali membentuk kluster baru yaitu Kluster Rukun Sejahtera. Untuk kluster ini beranggotan dua kelompok yaitu Kelompok Saluyu dari Desa Rimbo Recap Kecamatan Curup Selatan dan Kelompok Belibis Sakti dari Kelurahan Tunas Harapan Kecamatan Curup Utara. Dengan adanya kluster baru ini maka saat ini ada dua kluster itik Talang Benih yang dibina Bank Indonesia Bengkulu. Sebelumnya sudah ada kluster Maju Bersama yang terpusat di Kelurahan Talang Benih.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: