Rejang Lebong Miliki 16 Bidan Delima

Rejang Lebong Miliki 16 Bidan Delima

CURUP, BE - Bersamaan dengan Musyawarah Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Rejang Lebong, sebanyak 16 bidan di Kabupaten Rejang Lebong dikukuhkan menjadi bidan delima. Menurut Ketua Panitia Muscab VII IBI Eva Suzana AMKeb, dengan dikukuhkannya bidan delima ini maka melambangkan pelayanan yang diberikan sudah berkualitas, baik dalam kesehatan reproduksi dan keluarga berencana yang berlandaskan kasih sayang, sopan santun, ramah-tamah, sentuhan yang manusiawi, terjangkau, dengan tindakan kebidanan sesuai standar dan kode etik profesi.

\"Kita sudah melakukan validasi bidan delima ini sejak tahun 2013 lalu, namun belum ada yang lulus. Dan baru kali ini ada yang lulus yaitu sebanyak 16 bidan,\" terang Eva.

Dengan adanya bidan delima ini, diharapkan bisa memotivasi bidang-bidan lainnya agar bisa meningkatkan pelayanan sehingga bisa memperoleh predikat bidan delima.

Sementara itu, dalam sambutannya, Wakil Bupati Rejang Lebong Syafewi SPd MM, menjelaskan peran organisasi dalam suatu profesi sangatlah penting. Ia mencontohkan pada profesi guru ada PGRI. Dimana menurut Syafewi berkat kerja keras PGRI, maka saat ini adanya sertifikasi bagi tenaga pendidik.

\"Kita berharap juga dengan adanya IBI dan organisasi kesehatan lainnya, dapat mendorong hadirnya sertifikasi pada bidan layaknya yang didapat guru saat ini. Terlebih profesi kesehatan ini tidak kalah mulianya dengan profesi guru,\" jelas Syafewi.

Menurut Syafewi untuk mencapai semua itu, maka perlu adanya kerjasama semua organisasi kesehatan seperti IBI, IDI pada dokter dan IPNI pada perawat. Dengan bersatunya sejumlah organisasi kesehatan ini, maka tidak menutup kemungkinan pemerintah menurunkan sertifikasi bagi tenaga kesehatan.

\"Jika nanti organisasi kesehatan ini bersatu baik mulai dari daerah hingga nasional, saya yakin aspirasi yang disampaikan oleh tenaga kesehatan akan didengar oleh pemerintah pusat,\" papar Syafewi.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Kepala Dinas Pendidikan Rejang Lebong ini berharap agar bidan yang ada di Rejang Lebong dapat meningkatkan profesional dalam menjalankan tugas. Saat melayani masyarakat ia meminta bidan untuk tidak melihat status sosial yang dilayaninya.

Kegiatan Muscab IBI Rejang Lebong kemarin diikuti oleh 349 bidan yang berasal dari 15 kecamatan yang ada di Rejang Lebong. Dalam pelaksanaan Muscab VII IBI Rejang Lebong kemarin, ada 6 orang calon yang akan memperebutkan jabatan bergengsi di organisasi bidan di wilayah Rejang Lebong. Enam orang tersebut antaranya Susi Minarti Am.Keb,SKM yang merupakan Ketua PC IBI Rejang Lebong yang baru saja berakhir masa jabatannya. Kemudian Suriani Am. Keb, Mardliyatini HS, SST, SKM yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Organisasi PC IBI Rejang Lebong saat ini. Selain itu ada pula nama Azizah AM.Keb serta Susita Mariani, SST dan Nunung Tri Mulyanti SKM, MM. Setelah dilaksanakan pemilihan akhirnya Azizah AM.Keb terpilih menjadi Ketua PC IBI Rejang Lebong lima tahun kedepan. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: