Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas PJSW

Tingkatkan Kualitas  dan Kuantitas PJSW

\"KendaraanBENGKULU, BE - Program Jemput Sehat Warga (PJSW) yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu yang berlangsung tiap 3 bulan sekali, telah memasuki triwulan ke-IV (terakhir).  Pada triwulan yang ke-4 ini, kegiatan PJSW di wilayah Puskesmas-Puskesmas di Kota Bengkulu semuanya telah selesai dilaksanakan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu drg. H. Erdiwan Mansyur, mengungkapkan hasil pendataan keluarga rawan (Gawan) selama periode tahun 2012, dari 8447 KK sasaran telah tercapai 4800 KK (56,8%). Pembinaan keluarga rawan baru tercapai 480 KK (5,68%). Sedangkan untuk pembinaan kesehatan masyarakat, dari 286.769 jiwa baru terlayani 4.633 orang saja.  Ini berlaku di 20 wilayah Puskesmas se-Kota Bengkulu.

\"Khusus kegiatan pendataan dan pemetaan keluarga rawan untuk periode Tahun 2013 yang akan datang, Dinkes kota menargetkan pencapaiannya  meningkat menjadi 70 persen.  Untuk mewujudkan hal tersebut, selain dilakukan oleh mahasiswa, pendataan juga akan memberdayakan kader Posyandu setempat, karena lebih memahami dan mengetahui wilayahnya,\" kata Edriwan.

\"Kita merencanakan pada tahun 2013, adanya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan sekaligus kuantitas jumlah layanan. Hal ini akan diantisipasi dengan penambahan tenaga pelayanan kesehatan baik dari Dinkes Kota maupun Puskesmas di setiap pelaksanaan PJSW.  Selain itu pembinaan kesehatan warga akan langsung ke sasaran oleh petugas kesehatan,\" imbuhnya.

Edriwan mengharapkan hasil pendataan dan pemetaan pada tahun 2012 lebih mempermudah dalam proses melakukan pembinaan kesehatan warga ditahun berikutnya. Data yang ada sekarang sudah lebih dari setengah jumlah keluarga rawan sasaran. (cik9/prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: