Disnakwan Gelar Pelatihan Bank Pakan

Disnakwan Gelar  Pelatihan Bank Pakan

BENGKULU, BE - Adanya dua musim yang terjadi di Indonesia ternyata mempengaruhi pakan ternak, yaitu saat musim hujan pakan ternak akan berlimpah ruah, namun saat musim kemarau sangat susah untuk dicari, selain itu banyak nya pergeseran fungsi lahan seperti berubah menjadi perumahan sehingga pakan rumput yang akan menjadi pakan ternak susah untuk ditemui. Melihat hal tersebut dalam musim hujan yang sekarang sedang terjadi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakwan) Provinsi Bengkulu memberikan Pelatihan Pembutan Bank pakan yang bisa bertahan selama.

\"Saat musim hujan seperti ini banyak pakan ternak, namun kebanyakan masyarakat belum bisa memanfaatkannya untuk persediaan musim kemarau, atas dasar tersebut kita memberikan pelatihan,\" ujar Ir Firman Plt Upt Hijauan Makanan Ternak Disnakwan.

Dalam pelatihan yang disampaikan Ir Hidayat MSc seorang akademisi peternakan dari Universitas Bengkulu mengatakan, peserta dilatih untuk membuat silase atau pengolahan rumput segar dengan pemberian Zat adiktif seperti dedak. Pembuatan pakan ini dimulai dengan melakukan pemotongan rumput-rumput yang akan dijadikan silase kemudian dicambur dengan dedak kemudian dimasukkan kedalam wadah yang kedap udara. Setelah tiga minggu akan kelihatan hasilnya, yaitu jika berhasil tidak akn ditumbuhi jamur. meskipun ada jumlahnya sedikit. selain itu keuntungannya adalah kadar protein yang terklandung masih terjaga meskipun sedikit berkurang.

\"Setelah tiga minggu tersebut, jika berhasil bisa langsung digunakan dan bisa disimpan hingga 6 bulan,\" tambah firman Selanjutnya Ia menjelaskan jika silase sudah dibuka dari wadahnya yang kedap udara harus habis dalam waktu tiga hari. Program ini baru pertama kali dilakukan Disnakwan. peserta pelatihan ini sebanyak 22 orang yang berawal dari tiga UPT yang ada di Disnakwan yaitu UPT Pembibitan, UPT Insiminasi Buatandan UPT hijauan Makanan Ternak serta beberapa kelompok tani yang ada disekitar UPTD Didaerah Pematang Gebernur

\"Ini pelatihan yang pertama semoga peserta ini nanti bisa menularkan ilmunya dengan masyarakat umum sehingga kebutuhan pakan ternak dibengkulu bisa terpenuhi meskipun musim kemarau,\" pungkasnya.(cw2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: