Cetak Sawah Baru Terganjal SID dari Unib

Cetak Sawah Baru Terganjal SID dari Unib

\"\"KOTA MANNA, BE - Rencana Pembukaan Sawah baru di Bengkulu Selatan tahun 2012 ini dalam rangka menambah pasokan beras bagi kebutuhan warga BS bakal gagal terlaksana. Pasalnya hingga saat ini pembukaan sawah baru belum juga dilaksanakan padahal tahun 2012 ini tinggal menghitung hari dan segera berakhir. \"Kayaknya untuk pembukaan sawah baru peluangnya sangat kecil untuk terwujud pada tahun 2012 ini,\" kata Kepala Dinas Pertanian BS Ir H Syaiful Usdi melalui Kabid Sarana dan Prasarana Syakimin SPt.

Sulitnya mewujudkan pembukaan sawah baru itu lantaran sebelumnya pada tender perencanaan yang dilakukan oleh Pemprov Bengkulu Juli lalu dimenangkan oleh Universitas  Bengkulu. Hanya saja sebelum pembukaan sawah baru dilakukan harus didahului oleh adanya survei investigasi desain (SID). Meskipun ada penunjukan Unib sebagai pelaksana SID, akan tetapi hingga saat ini belum juga melakukan survei investigasi desain. Sehingga kemungkinan pembukaan sawah baru bakal batal.\"Dalam aturannya, sebagai syarat pembukaan swah baru harus didahului dengan SID, Tapi karena sudah akhir tahun ini SID belum dilakukan oleh Unib, Jadi sepertinya pembukaan sawah baru akan batal,\" ucapnya.

Sebelumnya Pemda BS merencanakan pada tahun 2012 ini akan membuka sawah baru seluas 100 hektar. Letak rencana pembukaan sawah baru itu yakni 50 ha di Desa Batu Ampar Kecamatan Kedurang dan 50 ha di Desa Maras Kecamatan Air Nipis.Namun karena belum adanya survei Investigasi Desain dari Unib, maka rencana itu sepertinya akan batal.\"Ada 100 ha yang direncanakan, kalau batal maka terpaksa ditunda menunggu program pencetakan sawah baru,\" tukasnya.(369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: