Soal UN SMP Tiba

Soal UN SMP Tiba

\"1BINTUHAN, BE - Naska soal Ujian Nasional (UN) sekolah menengah pertama (SMP) kemarin (3/5) sudah tiba di Mapolres Kaur. Dokumen rahasia itu langsung diinapkan di 8 Polsek se-Kabupaten Kaur. \"Pengamanan sama seperti saat menerima dan menditribusikan naskah soal untuk UN SMA lalu. Hal tersebut untuk antisipasi kecurangan,\" kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispenbud) Kabupaten Kaur Daud Abdullah SPd melalui Ketua Pelaksana UN Muslihun SE. Dikatakan Muslihun, soal UN itu tiba sebanyak 53 dus. Rinciannya 40 dus untuk SMP/MTs, 10 untuk soal paket B dan satu dus soal untuk susulan SMP/MTs. Soal tersebut nantinya akan disalurkan saat sebelum pelaksanaan UN yang mulai Senin (5/5). \"Standar nilainya seperti sudah yang telah ditentukan pusat. Kami mengharapkan para siswa SMP ini bisa lulus dengan 100 persen,” terangnya. Ditambahkanya, peserta UN yang tercatat di Dispenbud Kaur sebanyak 1.870 orang. Rinciannya, laki-laki 933 dan wanita 937 dari 46 sekolah penyelenggara. Sekolah yang mennginduk UN sebanyak 14 sekolah. Jumlah peserta UN Paket B 38 orang.

Di Bengkulu Selatan Sementara itu, kemarin pagi pukul 09.15 WIB soal UN SMP sederajat di Bengkulu Selatan (BS) tiba di Mapolres BS dengan pengawalan ketat. Jumlah soal tersebut sebanyak 44 kardus. Bahkan ada satu kardus khusus persiapan untuk soal-soal bagi siswa yang ikut UN susulan. ”Kalau ada yang tidak sempat ikut UN mulai Senin ini, maka siswa bisa ikut UN susulan dan soalnya pun sudah tiba di BS,” Kata Kepala Dinas pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora), Sahidin Maim Mpd melalui Kabid Dikdas, Firdaus Mus MM, kemarin. Menurut Firdaus, setelah tiba di Mapolres BS, lalu soal-soal tersebut dibawa ke Masing-masing Mapolsek terdekat dengan sekolah penyelenggara UN. Kemudian, soal diinapkan di Mapolsek dengan pengawalan ketat anggota Polsek. \"Peserta UN SMP sederajat 2788 siswa dengan 39 sekolah penyelenggara,” terangnya. Kapolres BS, AKBP Abdul Muis SIK melalui Kabag OPS, AKP Sugeng Priyanto SIK mengatakan, pihaknya menjamin tidak akan ada kebocoran soal. Dirinya juga menjamin pelaksanaan UN murni sesuai dengan kemampuan siswa itu sendiri. Sebab pihaknya melakukan pengawalan ketat terhadap soal di masing-masing Maposlek. Sementara itu, Kepala SMPN 2 BS, Tawani Mpd mengungkapkan, sekolahnya saat ini siap menggelar UN. Untuk peserta UN di sekolahnya sebanyak 264 siswa. Dirinya pun memastikan tidak aka nada kebocoran soal di sekolahnya. Bahkan dirinya mengingatkan kepada siswanya untuk dapat belajar serius. Jika tidak, maka nilai siswa itu akan rendah dan bisa saja tidak lulus UN. ”Untuk tahun lalu tingkat kelulusan siswa kami 100 persen, harapan kami tahun ini juga bisa sama dengan tahun lalu,” demikian Tawani.

Di Seluma Kemarin pula, pukul 07.00 WIB soal UN SMP sebanyak 63 dus tiba di Polres Seluma. Rinciannya, 54 dus soal SMP/MTs, 1 dus soal SMPLB dan 7 dus soal paket B. “Soal kita terima dari Diknas Provinsi yang telah dikawal ketat dengan menggunakan mobil boks. Saat ini langsung didistribusikan ke Polsek-Polsek,” kata Kapolres Seluma AKBP PL Gaol SIK melalui Kabag Ops AKP Sandhi SIK. (333/369/618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: