MotoGP Qatar , Aleix Espargaro Konsisten di Depan

MotoGP Qatar , Aleix Espargaro Konsisten di Depan

LOSAIL - Pembalap Forward Racing Yamaha Aleix Espargaro membuat kejutan. Meski turun di open class, dia mampu menjadi yang tercepat dalam dua sesi latihan  MotoGP Qatar di Sirkuit Losail. Dia mampu lebih cepat dari pembalap tim kelas factory, termasuk tim utama seperti Repsol Honda dan Movistar Yamaha.

Aleix tercepat pada sesi kedua tadi malam WIB dengan catatan waktu 1 menit 54,989 detik. Dia unggul 0,331 detik atas Andrea Dovizioso (Ducati) yang menjadi tercepat kedua. Duo Repsol Honda, Dani Pedrosa dan Marc Marquez, secara berurutan berada di posisi keempat dan kelima.

Di sesi latihan pertama pada Kamis malam waktu setempat, Aleix juga tercepat dengan 1 menit 55,201 detik. Sama halnya dengan sesi kedua, pada sesi pertama Bautista menjadi yang tercepat kedua.

Sementara itu, tim pabrikan Movistar Yamaha terpuruk. Valentino Rossi hanya menempati urutan kesembilan, sedangkan Jorge Lorenzo terlempar di urutan kesebelas.

\"Grip ban belakang benar-benar buruk. Motor seperti tidak memiliki kontrol traksi,\" keluh Lorenzo sebagaimana dilansir Crash.

Kecepatan Aleix tidak terlalu mengherankan karena selama masa uji coba dia juga sangat cepat. Itu tidak terlepas dari spek motornya yang mirip motor tim kelas factory seperti Yamaha Tech 3.

Aleix menggunakan motor Forward Yamaha yang hanya beda fairing dengan YZR M1 yang merupakan tim kelas factory Yamaha.

Aleix bisa lebih cepat dari pembalap lain karena mendapat jatah ban lebih lunak serta kuota bahan bakar lebih banyak. Tentu, itu tidak terlepas dari skill hebat Aleix.

Aleix sudah sangat nyaman dengan motor yang dia pakai saat ini. Sampai-sampai dia enggan mengganti sasisnya. Forward Racing memang sedang mengembangkan sasis sendiri. Karena sasis itu nantinya diberi nama FTR, proyek membuatnya adalah proyek FTR.

\"Saya tidak akan menggunakan frame FTR untuk musim ini meski nanti sudah jadi,\" tegas Aleix sebagaimana dilansir Crash. Itu berbeda dengan rekan setimnya, Colin Edwards, yang ingin mencobanya di Jerez nanti. (cak/c17/ang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: