Padang Bano dan Topos Dialiri Listrik

Padang Bano dan Topos Dialiri Listrik

TUBEI, BE - Kabar gembira bagi warga di wilayah Kecamatan Padang Bano dan Kecamatan Topos. Pasalnya, tahun ini Pemkab Lebong bakal merealisasikan bantuan listrik desa (lisdes) di dua desa tersebut. Bahkan, rencananya hari ini Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Lebong bakal melakukan sosialisasi terhadap pihak pemerintah kecamatan dan desa terkait dengan rencana tersebut. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Lebong Zamhari SH MH kepada wartawan kemarin.

Dikatakan Zamhari, jika tidak ada kendala hari ini pihaknya bakal menggelar rapat koordinasi dengan pemerintah kecamatan dan desa dua wilayah yang bakal mendapatkan bantuan lisdes tersebut. Disebutkannya, bantuan lisdes ini bersumber langsung dari APBN, sedangkan Pemkab Lebong hanya memfasilitasi saja. \"Prosesnya ada pada pihak PLN dan anggarannya berasal dari APBN. Ini terealisasi atas usulan dari masyarakat setempat,\" kata Zamhari.

Selain itu, hingga saat ini Pemkab Lebong masih terus berupaya untuk meratakan listrik desa di wilayah yang belum berlistrik agar seluruh masyarakat di Kabupaten Lebong dapat menikmati penerangan.

\"Memang masih ada beberapa wilayah yang belum menerima listrik dan itu tetap akan menjadi perhatian kita dan akan tetap diusulkan secara bertahap. Target kita 2014 Lebong bebas gelap,\" ucapnya.

Disamping itu, sebagai upaya untuk menciptakan Lebong bebas gelap pihaknya bakal merealisasikan pembangunan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di 50 titik. LPJU ini sendiri untuk tahun 2013 ini akan dibangun di Kecamatan Pelabai, Lebong Atas, beberapa wilayah disekitar pusat kota serta di beberapa desa lain yang membutuhkan. \"Untuk tahap ini baru 50 titik yang akan kita realisasikan, mudah-mudahan saja kegiatan ini dapat kembali dianggarkan dalam APBD Perubahan 2013 nanti,\" pungkas Zamhari.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: