40 Kelompok Tani di Lebong Terima Rp 2Miliar

40 Kelompok Tani di Lebong Terima Rp 2Miliar

TUBEI,BE - Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Lebong, pada tahun 2013 ini mendapatkan program Kebun Bibit Rakyat (KBR) yang dianggarkan sebesar Rp 2 milyar untuk kuota 40 kelompok tani (poktan). Dengan demikian, setiap kelompok tani akan mendapatkan Rp 50 juta untuk kegiatan persemaian penanaman bibit yang ditanam di areal lahan perkebunan milik warga.
Kepala Dinas Kehutanan dan perkebunan Kabupaten Lebong Fakhrurrozi SSos MSi melalui Kabid Konservasi dan Rehabilitas Hutan Edi Mardianto SH mengatakan jika KBR yang diterima dari Dishutbun tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya, di lokasi berbeda. Pada tahun sebelumnya Lebong hanya mendapatkan bantuan untuk KBR sebanyak 20 kelompok tani, sedangkan pada tahun ini sebanyak 40 kelompok. KBR itu sendiri merupakan program prioritas Kementrian Kehutanan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2010, guna menyiapkan bibit berkualitas dalam jumlah yang cukup. Kebun Bibit Rakyat merupakan persemaian sementara yang lokasinya dekat dengan areal lahan milik warga.
\"Pelaksana kegiatan ini adalah kelompok masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani atau koperasi. Program ini berasal dari Kementerian Kehutanan RI, dalam hal ini Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Provinsi Bengkulu. Untuk kelompok yang mengusulkan ada sekitar 70 an kelompok, tapi setelah diseleksi kuota hanya 40 kelompok,\" jelas Edi.
Dikatakan Edi, sesuai dengan usulan petani, bibit yang di minta ada dua jenis dan menjadi prioritas yakni bibit pohon Sengon dan bibit perkebunan Karet. \"Sesuai dengan keinginan petani diharapkan dalam program ini setiap kelompok dalam pelaksanaannnya menyemai 40 persen diantaranya wajib menanam jenis kayu untuk  penghijauan, dan 60 persen dari luas lahan untuk ditanam tanaman produksi, perkelompok diatas lahan,\" kata Edi.
Sementara itu, dari total anggaran sebesar Rp 2 M, maka setiap kelompok tani akan mendapatkan bantuan dengan total sebesar Rp 50 juta. \"Jadi nanti 40 kelompok itu masing-masing akan mendapatkan bantuan dengan total Rp 50 juta. Mudah-mudahan bantuan tersebut bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin dan tepat sasaran,\" pungkasnya.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: