Giliran 4.018 Siswa SMP UN

Giliran 4.018 Siswa SMP UN

CURUP, BE - Rutinitas Dinas Pendidikan Kabupaten Rejang Lebong (RL) bulan ini tampaknya akan semakin sibuk dengan kegiatan Ujian Nasional (UN).  Setelah ribuan siswa SMA/MA dan SMK, Senin, 22 April 2013 mendatang giliran 4018 siswa dari 64 SMP dan MTs se-Kabupaten Rejang Lebong (RL) dalam waktu dekat akan mengikuti Ujian Nasional (UN) yang akan digelar pada 22 hingga 25 April mendatang.

“Waktu pelaksanaannya sudah sangat dekat. Saat ini, panitia pelaksana tingkat kabupaten sedang melakukan persiapan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan RL, Syafewi SPd MM melalui Kabid Dikdas, M. Yamin SPd, Kamis (18/4).

Dijelaskan Yamin, sistem pelaksanaan UN tingkat SMP/MTs tidak jauh berbeda dengan sistem pelaksanaan UN tingkat SMA/MA.  Soal yang dikerjakan juga sistem soal paket 20.  Setiap jam pelaksanaan UN juga akan diawasi oleh pihak kepolisian. “Termasuk masalah pendistribusian soal UN.  Saat soal baru sampai ke RL, soal akan langsung dititipkan di Mapolres RL, bagi sekolah yang berada di luar perkotaan Curup, soal akan dititipkan ke Polsek terdekat,” ujar Yamin.

Selain itu, Yamin sangat berharap agar orang tua siswa dapat memberikan dukungan penuh terhadap para siswa peserta.  Dengan cara tidak membebani siswa dengan permasalahan-permasalahan.  Sehingga, siswa bersangkutan tidak stress saat menghadapi UN.  “Saya minta juga siswa untuk menghentikan sejenak seluruh aktifitas luar sekolah menjelang hingga pada saat UN berlangsung. Persiapkan fisik, rohani serta mental untuk UN,” ujar Yamin.

Diingatkan Yamin, siswa juga dituntut teliti saat mengelola Lembar Jawaban Komputer (LJK) UN. Baik teliti dalam mengisi jawaban, serta teliti saat mencantumkan Indentitas siswa di dalam LJK tersebut.  “Jangan sampai salah mengisi indentitas, sebab hal tersebut juga sangat berpengaruh terhadap hasil UN nantinya,” harapnya. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: