Gedung Rusak, Puluhan Siswa SD PUT Tidak Bisa Belajar Bila Hujan Tiba

Gedung Rusak, Puluhan Siswa SD PUT Tidak Bisa Belajar Bila Hujan Tiba

\"fotoIST/BE RUSAK : Kondisi gedung sekolah SDN 04 Desa Tanjung Sanai 2 yang rusak berat. CURUP, BE - Masih ada saja gedung sekolah di pedesaan kondisinya sangat memprehatinkan. Salah satunya gedung SDN 04 Desa Tanjung Sanai 2 Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) yang kondiisnya sudah rusak berat, bahkan gedung sekolah yang dibangun sejak tahun 1993 tersebut belum pernah mendapatkan rehab.

Pantauan wartawan, Senin (15/04) hampir setiap sudut bangunan mengalami kerusakan, atap seng bolong, plafon lapuk, bahkan dinding retak dimakan usia. \"Setiap kali hujan deras turun, kami kawatir atas bangunan roboh dan menimpa para siswa kami, jadi hanya beberapa bangunan saja yang bisa dimanfaatkan untuk berteduh,\" ungkap Kepala SDN 04 Tanjung Sanai 2 Darmi, kepada Bengkulu Ekspress.

Darmi mengaku, ruang guru yang selama ini digunakan sejak musim hujan terpaksa dipindahan menggunakan ruang kelas 4. \"Ruang guru yang lama bocor kalau hujan, kami takut buku-buku rusak jadi ruang guru pindah ke ruang kelas 4. Sehingga siswa kelas 4 mengunakan ruang belajar kelas 2, siswa kelas 2 terpaksa masuk siang,\" kata Darmi.

Kondisi sekolah yang memprehatinkan juga dibenarkan Amir, Kades Tanjung Sanai 2. \"Para guru sulit menjangkau gedung sekolah menggunakan motor, jadi terpaksa jalan kaki karena letak gedung sekolah yang berada di atas tebingan dan cukup banyak belukar. Para guru dan siswa yang  akan menuju sekolah terpaksa harus memutar lewat jalan PNPM yang di bangun pihak desa,\" ujar Amir. Terkait hal itu, Amir meminta agar Dinas Pendidikan Kabupaten Rejang Lebong, sebagai intansi yang bertanggung jawab dalam pembangunan gedung sekolah bisa membantu memperbaiki gedung sekolah di Desa Tanjung Sanai 2 yang rusak, karena siswa di sekolah tersebut juga cukup banyak dan menjadi satu-satunya sekolah dasar di desa tersebut.

\"Selain itu, kepada wakil rakyat kami di DPRD RL, tolong diperjuangkan anggaran pendidikan. Masa zaman sekarang masih ada juga sekolah yang rusak, kalau tidak dianggarkan oleh DPRD bagaimana ada dana untuk membangun sekolah,\" pintanya. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: