Perbaiki Jalan Rusak

Perbaiki Jalan Rusak

TUBEI, BE - Banyaknya kondisi jalan di Kabupaten Lebong yang berlubang khususnya di sepanjang jalan dari Pasar Muara Aman menuju komplek perkantoran serta jalan di tengah kota akhirnya diperhatikan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lebong. Sekretaris Dinas PU Lebong Drs Dalmuji Suranto yang dikonfirmasi wartawan kemarin menegaskan akan segera melakukan perbaikan terhadap jalan-jalan berlubang di tengah kota tersebut.

Dikatakan Dalmuji, salah satu penyebab jalan-jalan berlubang yang sudah beberapa kali di tambal sulam tersebut mudah rusak kembali, karena persoalan air. Dimana salah satunya dipengaruhi oleh siring jalan disekitarnya yang tersumbat. Sehingga disaat hujan, air siring meluap dan merusak konstruksi jalan yang ada di sekitarnya.

Selain itu, beberapa titik jalan berlubang yang ada di pusat Kabupaten Lebong juga bisa disebabkan oleh karena rembesan air tanah yang ada di bawahnya serta kondisi curah hujan yang tinggi di Kabupaten Lebong. Sehingga belum satu tahun ditambal sulam, jalan tersebut kembali berlubang.

\"Ya secepatnya kondisi ini akan kita tanggulangi dan dilakukan perbaikan. Dana yang akan kita gunakan diambil dari dana pemeliharaan rutin Dinas PU Lebong. Faktor penyebab utamanya adalah masalah kondisi air yang ada di sekitar titik jalan tersebut. Termasuk di beberapa wilayah jalan lintas Lebong-Curup,\" kata Dalmuji.

Ditambahkan Dalmuji, selain akan segera melakukan perbaikan terhadap beberapa titik jalan berlubang, pihaknya juga akan melakukan perbaikan siring yang ada di sekitar titik kerusakan. \"Satu sisi, kita juga akan sosialisasikan kepada masyarakat, agar ikut membantu mengawasi kondisi siring dan pemeliharaannya. Jadi jangan hanya mengandalkan Dinas PU saja. Masyarakat juga harus ikut berperan dalam hal pemeliharaan,\" pungkas Dalmuji.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: