Pemkot Bengkulu Fokus Tingkatkan Kapasitas SDM Pengelola Wisata

Pemkot Bengkulu Fokus Tingkatkan Kapasitas SDM Pengelola Wisata

Pj Walikota saat menghadiri sekaligus membuka acara Sosialisasi Peningkatan Kapasitas SDM Pengelola Daya Tarik Wisata Unggulan di Nola Kafe, pantai Pasar Bengkulu, Senin 21 Oktober 2024.-(foto: Iman)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Penjabat (Pj) Wali Kota Bengkulu, Arif Gunadi, membuka acara Sosialisasi Peningkatan Kapasitas SDM Pengelola Daya Tarik Wisata Unggulan di Nola Kafe, Pantai Pasar Bengkulu, Senin 21 Oktober 2024. Acara tersebut dihadiri oleh staf ahli wali kota Lia Kamalia dan Kepala Dinas Pariwisata Amrullah.

Sosialisasi ini mengusung tema "Wujudkan Pariwisata Berkelanjutan melalui Penguatan Potensi Masyarakat di Sekitar Objek Wisata." Dalam sambutannya, Arif menekankan pentingnya peningkatan potensi dan pengelolaan pariwisata, sejalan dengan komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu.

“Kata Pak Presiden RI Prabowo, pariwisata ini salah satu yang akan diprioritaskan oleh pemerintah. Ada 4 menteri yang dilantik untuk memajukan pariwisata, yakni Menteri Pariwisata, Menteri Ekonomi Kreatif, Menteri Budaya, dan Menteri UMKM. Kami berharap setelah sosialisasi ini, pengelolaan wisata bisa lebih baik lagi," ujar Arif.

BACA JUGA:PWI Bengkulu Ajak Media Optimalkan Perannya Dalam Menyampaikan Berita Pilkada yang Akurat dan Faktual

BACA JUGA:Masih ada Kuota 3 Pasang, Program Nikah Gratis di Kota Bengkulu Digelar 6 November 2024

Arif juga menjelaskan bahwa jika sektor pariwisata tumbuh, maka perekonomian di Kota Bengkulu juga akan berkembang, dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) ikut meningkat. Menurutnya, Kota Bengkulu memiliki potensi wisata yang tidak kalah dengan daerah lain, seperti wisata alam, sejarah, dan religi. Tantangan utamanya adalah pengelolaan yang belum maksimal, yang diharapkan dapat diatasi melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

Acara ini menjadi wujud nyata komitmen Pemkot Bengkulu dalam meningkatkan pemahaman masyarakat serta pelaku usaha di sekitar objek wisata untuk memanfaatkan potensi wisata dengan bijak dan berkelanjutan.(imn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: