Mengenal Bipolar Disorder dan Cara Penanganannya

Mengenal Bipolar Disorder dan Cara Penanganannya

Seseorang yang mengalami delusi mungkin percaya bahwa dia memiliki hubungan sosial yang tinggi, memiliki kekuatan khusus, dan lain-lain.--

Melakukan terapi
Psikoterapi dapat dilakukan melalui cognitive behavioral therapy (CBT). Terapi perilaku kognitif ini adalah jenis terapi yang membantu kamu mengidentifikasi pikiran dan mengubah pola perilaku yang tidak diinginkan. Terapi ini akan menjadi cara yang aman untuk mendiskusikan cara mengelola gejala yang kamu alami.

Psikoedukasi
Psikoedukasi adalah pendekatan yang membantu kamu mempelajari suatu kondisi dan perawatannya. Psikoedukasi membantu kamu mengenali gejala suasana hati dan mengelolanya dengan lebih efektif.

Mengonsumsi suplemen
Cara lainnya adalah mengonsumsi herbal dan suplemen yang disertai pengobatan dan terapi. Herbal dan suplemen berikut dapat menstabilkan suasana hati dan mengurangi gejala.

- Omega 3. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi omega-3 dapat membantu menangani gejala bipolar I. Omega-3 membantu mengatasi gejala depresi.
- Rhodiola rosea. Tanaman ini dapat membantu mengatasi depresi sedang sehingga dapat membantu mengobati depresi yang berkaitan dengan bipolar disorder.
- S-adenosilmetionin (SAMe). SAMe adalah suplemen asam amino yang dapat meredakan gejala depresi yang berat dan gangguan mood lainnya.
Namun, jika kamu ingin mengonsumsi suplemen, diskusikan dengan dokter terlebih dahulu ya.

BACA JUGA:Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Bengkulu 2024 Digelar di Rumah Pengasingan Soekarno

Perawatan di rumah sakit
Jika seseorang memiliki risiko untuk melukai diri sendiri dan orang lain, mereka perlu mendapatkan perawatan dari rumah sakit.

Memperbaiki gaya hidup
Memperbaiki gaya hidup dapat membantu untuk menjaga suasana hati yang stabil dan mengelola gejalanya. Kamu bisa memulai gaya hidup sehat, seperti:

- Mempertahankan rutinitas yang teratur
- Menjalani diet yang sehat
- Memiliki pola tidur yang teratur
- Berolahraga secara teratur

Jika kamu memiliki gejala depresi atau mania, segeralah temui dokter. Gangguan bipolar tidak membaik dengan sendirinya. Mendapatkan perawatan dari dokter yang berpengalaman dalam menangani bipolar disorder dapat membantu kamu mengendalikan gejala.(bee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: