Manfaat Pemberian Pupuk Kompos, Mampu Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman

Manfaat Pemberian Pupuk Kompos, Mampu Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman

Manfaat Memberi Pupuk Kompos Bagi Tanaman-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Pupuk kompos memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan tanaman serta lingkungan. Berikut adalah penjelasan dari manfaat Pupuk kompos yang telah disebutkan:

1. Meningkatkan Kualitas Tanah:

- Fungsi: Kompos mengembalikan bahan organik yang telah terurai kembali ke tanah, yang penting untuk menjaga kesuburan tanah.

Tanah yang subur memiliki kapasitas lebih baik dalam menahan air dan menyediakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tanaman.

BACA JUGA:Penggunaan Pupuk Hijau untuk Tanaman, Mampu Memperbaiki Struktur Tanah

BACA JUGA:Cara Mengetahui Pupuk Organik Padat yang Baik dan Berkualitas, Berikut Ciri-cirinya

- Keuntungan: Ini membantu meningkatkan struktur tanah, mengurangi erosi, dan menjaga keseimbangan pH yang ideal untuk tanaman.

2. Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman:

- Fungsi: Kandungan nutrisi utama dalam kompos, seperti nitrogen, fosfor, dan kalium, penting untuk berbagai aspek pertumbuhan tanaman, mulai dari pembentukan daun hingga perkembangan akar dan buah.

- Keuntungan: Tanaman yang diberi pupuk kompos cenderung tumbuh lebih cepat, lebih kuat, dan lebih sehat, sehingga hasil panen juga meningkat.

3. Melindungi Tanaman dari Penyakit, Hama, dan Gulma:

- Fungsi: Kompos mendukung keberadaan mikroorganisme yang bermanfaat yang dapat membantu mengendalikan penyakit tanaman, menekan pertumbuhan gulma, dan melawan hama.

- Keuntungan: Tanaman yang tumbuh dalam tanah yang sehat dan kaya mikroorganisme cenderung lebih tahan terhadap serangan organisme berbahaya, mengurangi kebutuhan penggunaan pestisida.

BACA JUGA:Penggunaan Pupuk Organik Padat, Ini 5 Khasiatnya Bagi Tanaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: