Harga Beras Merangkak Naik, BPS: Antisipasi Inflasi Diperlukan

Harga Beras Merangkak Naik, BPS: Antisipasi Inflasi Diperlukan

Beras SPHP-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kenaikan harga beras  mulai dirasakan dalam beberapa bulan terakhir dan  telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat maupun pemerintah. 

Tren kenaikan ini mengingatkan pada situasi tahun lalu, di mana harga beras yang tidak kunjung turun justru terus merangkak naik. 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu, Win Rizal mengungkapkan, dengan kondisi ini  dikhawatirkan akan terus berlanjut jika tidak diantisipasi dengan baik.

"Kita melihat bahwa harga beras mulai bergerak naik secara bulanan. Ini harus diantisipasi, karena kalau harga beras terus naik dan tidak turun, itu bisa memicu inflasi yang lebih besar," kata Win Rizal, Rabu (4/9/2024).

BACA JUGA:Pemeliharaan LPJU, Pemkot Bengkulu Bersama PLN Lakukan Perbaikan Box KWh Meter

BACA JUGA:Bimtek Dewan Baru Kota Bengkulu Mundur dari Jadwal, Tunggu Verifikasi APBDP dari Gubernur

Dalam konteks inflasi, Win Rizal menjelaskan bahwa kenaikan harga seringkali terkait dengan ketidakseimbangan antara suplai dan permintaan.

Namun, untuk komoditas seperti beras, upaya maksimal sudah dilakukan untuk menjaga keseimbangan tersebut. 

Meski demikian, masih ada kekhawatiran bahwa stok beras yang sebenarnya tersedia tidak dapat menahan laju kenaikan harga di pasar.

"Walaupun daerah kita, seperti Bengkulu, tidak dalam kondisi panen, masih ada cara untuk meredam perbedaan antara suplai dan permintaan. Namun, harga beras masih tetap naik, ini menunjukkan ada situasi yang tidak normal," lanjutnya.

Beberapa waktu lalu, harga beras terus bergerak naik, menandakan adanya ketidakstabilan di pasar. 

Sementara itu untuk mengatasi hal ini, berbagai terobosan telah dilakukan, termasuk meningkatkan literasi konsumen agar mereka lebih bijak dalam membeli beras di tengah harga yang melonjak.

"Kita juga khawatir pedagang akan menaikkan harga beras lebih tinggi dari seharusnya. Hal ini yang harus kita jaga agar inflasi tidak semakin bergejolak," Imbuh Win Rizal.

BACA JUGA:Waspada Penyakit di Perubahan Cuaca, Ini Imbauan Dinkes Kota Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: