Bisa Dicoba! Cara Menjaga Pola Hidup Sehat dan Manfaatnya

Bisa Dicoba! Cara Menjaga Pola Hidup Sehat dan Manfaatnya

Pilih makanan yang mengandung banyak protein serat namun sedikit lemak, gula, dan kalori.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Banyak orang memiliki kebiasaan yang tidak sehat, seperti lupa makan dan tidur larut malam. Padahal, kebiasaan seperti itu bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Jika dibiarkan begitu saja, tubuh kamu bisa terserang penyakit.

Karena itu, pola hidup yang sehat penting untuk semua orang. Ketika kita menjaga kesehatan fisik, kita bisa merasa lebih baik dan lebih bugar. Ada banyak cara menjaga pola hidup sehat. Penasaran apa saja caranya? Simak artikel ini sampai akhir!

BACA JUGA:Benarkah Squat Jump yang Bisa Hilangkan Lemak Perut?

Pengertian hidup sehat
Hidup sehat adalah mempertahankan gaya hidup yang sehat dan melakukan kebiasaan yang bisa meningkatkan kesehatan. Mungkin sulit untuk mengubah kebiasaan lama, namun berarti tak ada hal yang dapat kamu lakukan. Hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu mengidentifikasi kebiasaan kamu yang kurang sehat dan mempelajari kebiasaan baru yang lebih positif. Mengubah kebiasaan menjadi lebih positif dan sehat pun perlu dilakukan secara perlahan dan bertahap. Hal itu supaya, proses yang kamu jalani tidak mudah terhenti begitu saja.

Pentingnya pola hidup sehat
Menjalani gaya hidup sehat penting bagi semua orang yang ingin merasa tetap sehat seiring bertambahnya usia. Jika pola hidup sehat dilakukan secara teratur, kualitas hidup kamu akan meningkat. Misalnya, jika kamu bekerja sebagai karyawan yang sering duduk di depan komputer, menjaga pola hidup sehat menjadi hal yang penting. Saat duduk, tubuh akan lebih sedikit mengeluarkan energi dibandingkan melakukan aktivitas dengan banyak bergerak. Duduk dalam waktu yang cukup lama secara terus-menerus bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit.

BACA JUGA:Kalori Surplus! Cara Sehat Menaikkan Berat Badan

Manfaat pola hidup sehat
Dengan pola hidup sehat, kamu akan merasakan beberapa manfaat berikut ini.

Merasa lebih baik secara mental
pola hidup sehat termasuk melakukan olahraga bisa membuat suasana hati kamu menjadi lebih baik.

Mengurangi masalah kesehatan
Menjalani gaya hidup yang lebih sehat berarti risikonya lebih rendah terkena banyak penyakit, termasuk penyakit turunan dalam keluarga. Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang mengonsumsi buah-buahan dan sayuran secara teratur selama 8 minggu bisa mengalami penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Memperpanjang umur
Manfaat lainnya adalah memperpanjang umur. Menurut Health Line, kebiasaan hidup yang sehat dikaitkan dengan hidup yang lebih lama.

BACA JUGA:APBD Perubahan 2024 Pemkot Bengkulu Disahkan

Cara menjaga pola hidup sehat
Ada beberapa cara menjaga pola hidup yang sehat yang bisa kamu coba untuk terapkan. Begini ulasannya!

Makan makanan yang sehat
Jangan lupa untuk selalu sarapan dan pilih makanan yang bergizi. Pilih makanan yang mengandung banyak protein serat namun sedikit lemak, gula, dan kalori. Kamu bisa mengonsumsi buah, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Orang dewasa paling tidak makan sekitar 400 gram buah dan sayuran per hari. Makan makanan yang sehat bisa membantu mengurangi risiko kekurangan gizi dan beberapa penyakit, seperti jantung, stroke, dan kanker.

Konsumsi suplemen multivitamin
Konsumsi suplemen multivitamin untuk memastikan kamu memiliki tingkat nutrisi yang cukup. Ada banyak zat gizi yang diperlukan untuk menjaga kekebalan tubuh, yaitu vitamin A, B6, B12, C, D, dan E, serta seng, besi, tembaga, selenium, dan magnesium.

BACA JUGA:Ini Dia 9 Obat Sariawan yang Cepat dan Ampuh

Melakukan olahraga secara teratur
Cara menjaga pola hidup sehat lainnya adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Kamu bisa melakukannya dengan jogging atau jenis olahraga lainnya yang kamu sukai.

Tidur yang cukup
Cara menjaga pola hidup sehat selanjutnya adalah tidur yang cukup. Ada korelasi antara kualitas dan kuantitas tidur dengan sistem kekebalan tubuh. Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, kamu bisa tidur dalam waktu 7 hingga 8 jam setiap malam.

Kurangi konsumsi garam dan gula
Kurangi asupan garam menjadi 5 gram per hari atau yang setara dengan sekitar satu sendok teh. Mengonsumsi gula dalam jumlah yang berlebihan bisa meningkatkan risiko kerusakan gigi dan penambahan berat badan yang tidak sehat. Kamu bisa mengurangi asupan gula dengan membatasi konsumsi makanan ringan yang manis, permen, dan minuman manis.

BACA JUGA:Inilah 4 Obat Sariawan Alami agar Terbebas dari Rasa Perih dan Nyeri

Jangan merokok
Cara menjaga pola hidup sehat bisa dilakukan dengan tidak merokok. Merokok dapat menyebabkan penyakit seperti penyakit paru-paru, stroke, dan jantung. Tembakau tidak hanya berdampak buruk bagi perokok saja, namun juga non perokok yang ada di sekitarnya.

Periksa tekanan darah secara teratur
Periksakan tekanan darah secara teratur. Jika tekanan darah kamu tinggi, carilah penanganan yang tepat dari petugas kesehatan. Apabila dibiarkan, hipertensi bisa menyebabkan penyakit jantung, otak, ginjal, dan penyakit lainnya.

Tutup mulut ketika batuk atau bersin
Penyakit influenza, TBC, dan pneumonia bisa ditularkan melalui udara. Saat seseorang terinfeksi batuk atau bersin, penyakit tersebut dapat ditularkan ke orang lain melalui udara. Jadi, jika kamu merasa akan bersin atau batuk, pastikan kamu sudah menutup mulut dengan masker atau tisu. Jika kamu tidak memiliki tisu, kamu bisa menutup mulut dengan siku.

BACA JUGA:Tips Jitu Cek Kondisi Kesehatanmu dari Warna Lidah

Bicara dengan orang yang dipercayai ketika merasa sedih
Salah satu cara menjaga pola hidup sehat selanjutnya adalah mengelola stres. Menurut WHO, depresi merupakan penyakit yang dialami lebih dari 260 juta orang. Depresi dapat membuat seseorang merasa putus asa, tidak berharga, sering memikirkan pikiran yang negatif. Jika kamu mengalaminya, bicarakan dengan orang yang kamu percayai, seperti anggota keluarga, teman, atau ahli kesehatan mental.

Selalu bersihkan tangan dengan benar
Kebersihan tangan sangat penting untuk semua orang. Tangan yang bersih bisa mencegah penyebaran penyakit yang menular. Kamu harus mencuci tangan dengan sabun dan air katau menggosoknya dengan produk berbasis alkohol.

Siapkan makanan dengan benar
Jika tidak disiapkan dengan benar, makanan bisa mengandung bakteri, virus, parasit, atau zat kimia berbahaya yang menyebabkan penyakit. Saat membeli makanan di luar, pastikan makanannya aman untuk dikonsumsi. Jika kamu menyiapkan makanan sendiri, pastikan untuk menjaga kebersihannya, memasaknya sampai matang, menjaga suhunya, dan menggunakan air serta bahan baku yang bersih.

BACA JUGA:Ditinggal Pergi Jogging, Motor Mahasiswa Raib Digasak Maling di Kawasan Pantai Pasir Putih

Melakukan pemeriksaan rutin
Pemeriksaan rutin bisa membantu kamu menemukan masalah kesehatan lebih awal, saat peluang untuk perawatan dan penyembuhannya lebih baik. Kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk melakukan pemeriksaan. Gaya hidup sehat tidak hanya dapat membantu kamu merasa lebih baik, tetapi juga dapat mengurangi risiko beberapa penyakit. Kamu harus melakukan pola hidup sehat secara teratur dan menjadikannya sebagai kebiasaan. (bee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: