Selain Segar! Ini Manfaat Jus Nanas dan Timun yang Menyehatkan Tubuh

Selain Segar! Ini Manfaat Jus Nanas dan Timun yang Menyehatkan Tubuh

salah satu manfaat jus nanas dan timun adalah membantu menghidrasi tubuh, sehingga tubuh tidak kekurangan cairan dan terhindar dari dehidrasi. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Manfaat jus nanas dan timun nggak main-main, lho. Perpaduan kedua buah ini menghasilkan rasa jus yang asam, manis, segar, dan tentunya sehat. Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, jus yang kaya manfaat ini juga bisa membuat kulit jadi lebih sehat dan mulus.

Manfaat jus nanas dan timun berasal dari kandungan gizinya yang melimpah, mulai dari serat, vitamin, mineral, hingga antioksidan. Timun dan nanas juga kaya akan air dan elektrolit sehingga baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Berkat kandungannya ini, jus nanas dan timun cocok dikonsumsi sebagai minuman sehat sehari-hari, nih.

BACA JUGA:Ternyata Jantung Juga Punya Usia Lho!

Daftar Manfaat Jus Nanas dan Timun
Buah nanas nikmat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi campuran salad dan masakan, seperti ikan asam manis. Sementara itu, buah timun sering kali dikonsumsi langsung sebagai lalapan atau pelengkap berbagai hidangan. Kedua buah ini juga bisa lho diolah dan dikombinasikan menjadi minuman jus yang nikmat dan segar. Selain enak, ada banyak manfaat jus nanas dan timun untuk kesehatan yang bisa diperoleh, antara lain:

1. Menghidrasi tubuh
Baik timun maupun nanas, keduanya mengandung air yang cukup banyak. Makanya, salah satu manfaat jus nanas dan timun adalah membantu menghidrasi tubuh, sehingga tubuh tidak kekurangan cairan dan terhindar dari dehidrasi. Selain itu, minuman ini juga mengandung elektrolit yang dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh.

BACA JUGA:Waspada! Sesak Nafas Bisa Karena Maag atau Serangan Jantung

2. Membuat kulit kenyal dan sehat
Manfaat jus nanas dan timun selanjutnya adalah membuat kulit lebih kenyal dan sehat. Ini karena selain tinggi air, minuman ini juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang bisa membuat kulit tidak kering, lebih kenyal, dan tampak sehat. Vitamin C sendiri berperan penting untuk mendukung produksi kolagen di kulit. Manfaat jus nanas dan timun yang satu ini bisa diperoleh dengan rutin meminumnya atau menggunakan jus ini sebagai masker kulit alami.

3. Mencegah dan mengatasi sembelit
Seperti buah lainnya, buah nanas dan timun juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan saluran cerna. Memenuhi kebutuhan serat harian bisa melancarkan pencernaan, serta mencegah dan mengatasi sembelit.

BACA JUGA:Inilah 9 Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner

4. Mencegah flu
Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalam jus nanas dan timun mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh jadi lebih sehat dan kuat. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, virus dan kuman penyebab penyakit akan lebih mudah dibasmi, sehingga tubuh tidak mudah jatuh sakit maupun terkena flu.

5. Menurunkan kolesterol
Kalau kamu memiliki kolesterol tinggi, coba deh rutin minum jus nanas dan timun. Kandungan antioksidan di dalam minuman ini terbukti bisa mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Namun, selain dengan minum jus ini, kolesterol tinggi juga perlu ditangani dengan membatasi makanan tinggi lemak dan rutin olahraga, ya.  Untuk mengatasi kolesterol tinggi yang sudah parah, kamu juga mungkin membutuhkan obat-obatan penurun kolesterol dari dokter.

BACA JUGA:Curi Handphone dan Laptop Tetangga, Residivis Kasus Narkoba Kembali Ditangkap

6. Mempercepat penyembuhan luka
Tidak hanya baik untuk kesehatan kulit, kandungan vitamin C, antioksidan, dan enzim bromelain di dalam jus nanas dan timun juga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka, lho. Ini karena minuman ini dapat merangsang pembentukan kolagen sehingga kerusakan kulit bisa diperbaiki dengan lebih baik.

7. Memperkuat tulang
Manfaat jus nanas dan timun berikutnya adalah memperkuat tulang. Manfaat ini diperoleh dari kandungan mineral yang terdapat di dalam kedua buah ini, seperti kalsium, kalium, dan fosfor. Selain dengan minum jus nanas dan timun, kamu juga perlu rutin olahraga dan mencukupi asupan vitamin D agar tulang tetap kuat, ya.

8. Mengontrol tekanan darah
Kalau kamu memiliki riwayat penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, kamu bisa, nih, mengonsumsi jus nanas dan timun. Jus ini mengandung kalium, yakni mineral yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan jumlah garam di dalam darah serta membuat dinding pembuluh darah tetap elastis. Dengan begitu, tekanan darah pun bisa terkontrol dengan baik dan tetap normal.

BACA JUGA:Penerapan Aturan Baru Cuti Melahirkan 6 Bulan Masih Tunggu Regulasi Pusat

9. Menurunkan risiko terkena kanker
Manfaat jus nanas dan timun yang terakhir adalah menurunkan risiko terkena kanker. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada kedua buah ini, misalnya flavonoid, cucurbitacin, dan vitamin C. Selain dengan rutin mengonsumsi jus nanas dan timun, pencegahan kanker juga bisa kamu lakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat, berhenti merokok, rajin berolahraga, dan menjaga berat badan agar tetap ideal.

Itulah manfaat jus nanas dan timun yang perlu kamu ketahui. Meski bermanfaat untuk kesehatan, kamu juga dianjurkan untuk melengkapi nutrisi harian dengan mengonsumsi ikan, daging, telur, ayam, serta beragam jenis buah dan sayur lainnya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: