Bisa Menyebabkan Kematian, Kenali 10 Ciri-ciri Demam Berdarah Dengue (DBD) pada Anak

Bisa Menyebabkan Kematian, Kenali 10 Ciri-ciri Demam Berdarah Dengue (DBD) pada Anak

Ciri demam berdarah pada anak -Pinterest -

Dalam kasus DBD yang lebih serius, mungkin ada tanda-tanda perdarahan seperti mimisan, gusi berdarah, atau memar dengan mudah.

Pada beberapa kasus, mungkin juga ada darah dalam muntah atau tinja anak.

BACA JUGA:Faktor Genetik, Inilah 7 Penyebab Kulit Leher Bergaris

8. Perut sakit dan kembung

Sakit perut yang tajam dan terus-menerus termasuk ciri-ciri DBD yang cukup umum pada anak-anak. Rasa sakit ini pun sering kali disertai dengan perasaan kembung.

Pasalnya, virus dengue dapat menyebabkan peradangan di perut dan usus. Peradangan ini bisa mengganggu fungsi normal dari sistem pencernaan, sehingga memunculkan gejala-gejala tersebut.

9. Kulit pucat, dingin, atau berkeringat

Anak mungkin menunjukkan tanda-tanda syok, seperti kulit yang menjadi pucat, dingin, dan lembap karena penurunan tekanan darah.

Kulit pucat bisa disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke permukaan kulit. Sebagai ciri-ciri DBD pada anak, ini bisa terjadi karena volume darah yang berkurang akibat kebocoran plasma dari pembuluh darah.

BACA JUGA:Gigi Nyilu Terasa Menyakitkan, Kenali 5 Penyebabnya agar Dapat Solusi Pengobatan Terbaik

10. Sulit minum 

Anak yang mengalami DBD biasanya akan sulit untuk minum. Oleh karena itu, perlu dilihat anak mau minum atau tidak? Apabila anak sangat sulit minum, bisa cairan tubuhnya tak tercukupi. 

Dalam kondisi ini, anak bisa saja ditemukan muntah berulang dan produksi air seni berkurang. Kondisi ini menjadi salah satu ciri DBD yang harus segera dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan penanganan. 

Itulah sederet ciri dan gejala yang dialami anak ketika mengalami DBD. Penting untuk diingat bahwa tidak semua anak akan mengalami semua gejala ini. 

Tingkat keparahan gejalanya pun bisa berbeda-beda pada setiap anak. Mendeteksi DBD lebih awal dan memberikan perawatan yang tepat sangat penting untuk mencegah komplikasi serius. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: