Mencegah Konstipasi, Berikut Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kesehatan

Mencegah Konstipasi, Berikut Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kesehatan

Manfaat jamu kunyit asam untuk kesehatan -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dikenal sebagai obat tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan, jamu memang cukup populer penggunaannya di Indonesia.

Ada berbagai jenis jamu yang baik untuk kesehatan salah satunya jamu kunyit asam. Tidak hanya berfungsi sebagai obat untuk mengobati penyakit saja, jamu kunyit asam juga biasa dikonsumsi sebagai ramuan untuk mencegah tubuh dari serangan berbagai penyakit atau sekadar menyegarkan tubuh.

Tidak hanya menyegarkan, katanya jamu kunyit asam punya segudang manfaat untuk kesehatan, mulai dari meredakan dismenore atau nyeri haid, hingga mencegah penuaan dini. 

Kombinasi kunyit yang terkenal dengan kandungan kurkumin dan asam jawa yang kaya mineral penting, seperti magnesium, menjadikan jamu kunyit asam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ada sejumlah manfaat kesehatan yang bisa didapatkan, berikut diantaranya: 

BACA JUGA:Ingin Sehat dan Pencernaan Kuat, dr Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi Campuran Dua Bahan Ini

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Asam jawa merupakan salah satu buah yang kaya akan asam amino esensial. Asam amino akan membantu produksi antibodi dan sel-sel dalam sistem imun, sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Tidak sampai di situ, asam jawa juga diketahui punya efek antimikroba. Kandungan yang disebut lupeol diketahui bertanggung jawab dengan efek antibakteri di dalam tanaman herbal ini.

Selain kontribusi dari asam jawa, efek jamu kunyit asam dalam menjaga daya tahan tubuh juga didukung dengan kandungan kurkumin di dalam kunyit diketahui punya efek antiperadangan.

2. Menangkal efek paparan radikal bebas

Menangkal efek paparan radikal bebas menjadi salah satu manfaat jamu kunyit asam untuk kesehatan. Asam jawa dan kunyit di dalam jamu kunyit asam merupakan sumber antioksidan yang bisa menangkal efek paparan radikal bebas. 

BACA JUGA:Sayang Untuk Dilewatkan, Inilah 10 Manfaat Daun Kencur untuk Kesehatan

Jika dikombinasikan, senyawa polifenol, flavonoid, dan kurkumin akan membantu mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat paparan radikal bebas. Mengonsumsi minuman tradisional ini secara rutin bisa mencegah penyakit berkaitan dengan paparan radikal bebas, termasuk kanker dan penyakit jantung.

3. Memperbaiki suasana perasaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: