Inilah 6 Tips dan Cara Percepat Durasi Haid dengan Aman

Inilah 6 Tips dan Cara Percepat Durasi Haid dengan Aman

Tampon merupakan salah satu cara yang dapat mempercepat durai haid -Pinterest -

3. Olahraga secara Teratur

Tips dan cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan berolahraga. Olahraga membuat kita menggerakkan otot-otot. Pergerakan otot tersebut dapat membantu darah dari rahim keluar dari tubuh, sehingga dapat memperpendek waktu menstruasi Anda.

Manfaat lainnya, olahraga juga bisa mengurangi gejala kram saat haid. Olahraga yang dianjurkan untuk dilakukan saat haid adalah yang tidak terlalu berat, misalnya berjalan kaki, bersepeda, tenis meja, pilates, dan senam.

4. Tidak Pakai Tampon

Tampon memang bisa menyerap darah menstruasi, tapi juga dapat menghalangi aliran menstruasi dari vagina, yang dapat memperpanjang durasi perdarahan. Sebaiknya gunakan pembalut, karena tidak menghalangi aliran menstruasi. Karena itu, sebagian orang merasa bahwa menggunakan pembalut dapat membantu agar haid cepat berhenti.

BACA JUGA:Berkhasiat Tingkatkan Libido! Ini 6 Manfaat Akar Maca yang Perlu Diketahui

5. Minum Herbal Jahe

Ada beberapa herbal yang dapat membantu meringankan keluhan haid, termasuk haid yang lama dan menyakitkan, salah satunya adalah jahe. Penelitian yang dimuat Phytotherapy Research mendapati bahwa jahe efektif dalam mengatasi keluhan pendarahan menstruasi yang berlebihan.

Cara membuatnya gampang, cukup seduh beberapa irisan jahe dalam air atau teh panas. Diamkan beberapa waktu sebelum diminum. Boleh juga tambahkan madu dan perasan lemon untuk membuatnya lebih nikmat.

6. Minum Vitamin

Beberapa jenis vitamin dapat meringankan periode haid Anda sekaligus mengurangi gejala-gejala PMS. Salah satunya vitamin B6, yang secara alami ada dalam makanan seperti telur, ikan, dan daging ayam.

Anda juga bisa minum suplemen vitamin B6 untuk mengurangi ketebalan lapisan endometrium. Hal ini dapat membuat perdarahan haid yang lebih ringan dan mungkin lebih cepat. Tapi sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen apapun.

BACA JUGA:Mengenal Pola Makan Pescatarian dan Manfaatnya bagi Tubuh

Itulah tips dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat durasi haid. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: