Bupati Mukomuko Dorong Budaya Makan Ikan untuk Kesehatan dan Kecerdasan

Bupati Mukomuko Dorong Budaya Makan Ikan untuk Kesehatan dan Kecerdasan

Terlihat wakil bupati, Wasti, bersama Kadis Perikanan Eddy Aprianto, saat mengecek menu olahan berbahan ikan-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bupati Mukomuko, H Sapuan, SE, MM, Ak, CA, CPA, CPI, mengajak masyarakat untuk membudayakan makan ikan setiap hari. Ajakan ini disampaikan Bupati saat membuka acara lomba masak serba ikan yang diadakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko di Balai Daerah Mukomuko, Kamis, (13/6 2024).

Acara ini tidak hanya bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang manfaat ikan, tetapi juga untuk meningkatkan konsumsi ikan demi kesehatan dan kecerdasan.

Menurut Bupati Sapuan, ikan memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, baik itu ikan laut maupun ikan air tawar.

"Masyarakat Kabupaten Mukomuko sangat mudah mendapatkan ikan segar. Ikan segar ini sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Berbeda dengan masyarakat kota yang sulit mendapatkan ikan segar, karena ikan yang didapatkan sudah disimpan berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Oleh karena itu, saya mengajak masyarakat untuk membudayakan makan ikan agar tubuh kita tetap sehat," ujar Bupati.

BACA JUGA:Yusmanelly Resmi Jabat Kepala Kejaksaan Negeri Mukomuko, Siap Tingkatkan Pelayanan Hukum

Lomba masak serba ikan ini diikuti oleh anggota PKK sebagai peserta lomba. Bupati berharap lomba ini tidak hanya sebatas perlombaan, tetapi juga diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, dimulai dari lingkungan keluarga masing-masing.

Selain itu, Bupati juga meminta seluruh PKK di daerah untuk membuka mini restoran atau rumah makan mini yang menyediakan berbagai menu berbahan ikan.

"Saya yakin ini bisa dilakukan jika ada yang menggerakkan. Menu ikan harus bervariasi dan inovatif agar masyarakat, terutama anak-anak, tidak bosan. Karena anak-anak adalah ujung tombak negara. Semoga lomba ini bisa menginspirasi rumah makan dan warung lainnya," harapnya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Eddy Aprianto, SP, M.Si, menambahkan bahwa lomba ini tidak hanya untuk meningkatkan konsumsi ikan, tetapi juga memberikan edukasi tentang manfaat dan gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan. 


Bupat Mukomukosaat, H. Sapuan foto bersama usai melaksanakan kegiatan lomba masak serba ikan ke-7 tahun 2024.-(istimewa)-

BACA JUGA:Kesalahan Input Anggaran, Tunda Belanja Bidang Tangkap di Dinas Perikanan Mukomuko

“Menu-menu ini supaya orang suka kemudian mau mengonsumsi. Apalagi saat ini banyak anak yang stunting yang sangat membutuhkan gizi dari ikan ini. Harapannya para ibu tidak malas untuk memasak dan membuat makanan bergizi serta kudapan untuk anak,” tegas Eddy.

Adapun para pemenang lomba masak serba ikan adalah PKK dari Kecamatan V Koto sebagai juara 1, PKK dari Kecamatan Kota Mukomuko sebagai juara 2, dan PKK dari Kecamatan Teramang Jaya sebagai juara 3. Juara harapan 1 diraih oleh PKK dari Kecamatan Penarik, juara harapan 2 oleh PKK Kecamatan Pondok Suguh, dan juara harapan 3 oleh PKK dari Kecamatan Air Manjunto.

Dengan acara ini, diharapkan masyarakat Mukomuko semakin menyadari pentingnya konsumsi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan keluarga, serta menjadikan makan ikan sebagai bagian dari budaya sehari-hari. (end)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: