Bapenda Kota Bengkulu Optimalisasi PAD Sabtu dan Minggu

Bapenda Kota Bengkulu Optimalisasi PAD Sabtu dan Minggu

Kepala Bapenda Kota Bengkulu, Nurlia Dewi-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Meski hari libur Sabtu dan Minggu, tetap dimanfaatkan petugas Bapenda kota untuk melakukan penagihan pajak bumi dan bangunan (PBB) di tengah masyarakat. 

Langkah inovasi tersebut dilakukan agar pendapatan pajak bumi dan bangunan lebih optimal, sebab ada beberapa RT yang tidak membagikan SPPT PBB. 

Sehingga dengan turunnya petugas ke lingkungan dapat membantu masyarakat yang ingin membayar PBB. 

Dikatakan Kepala Bapenda kota Nurmala Dewi, dengan mengejar target PBB ini seluruh pegawai Bapenda melakukan sosialisasi lingkungannya masing-masing termasuk ia sendiri selaku Kepala Dinas. 

BACA JUGA:Prestasi Gemilang! Kafilah Mukomuko Raih Juara 3 di MTQ XXXVI Bengkulu

"dengan turun langsungnya pegawai melakukan penarikan PBB diharapkan dapat membantu masyarakat yang ingin membayar PBB pada jam kerja Senin dan Jumat, sibuk dengan urusan kerja masing-masing sehingga di hari libur dapat dimanfaatkan dalam membayar PBB melalui pegawai bapenda langsung yang melakukan jemput bola," jelasnya. 

Selain itu, tahun ini Pemkot telah melakukan langkah-langkah optimalisasi pendapatan guna mengoptimalkan pendapatan dari 10 sektor pajak dan rertribusi.

Diketahui di tahun 2024 ini sendiri pemerintah kota  Bengkulu menargetkan PAD dari retribusi dan pajak di Kota Bengkulu sebesar Rp201 miliar yang berasal dari 10 sektor pajak dan rertribusi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Namun darin10 item pajak tersebut, untuk sektor yang menjadi fokus PAD ini sendiri yaitu dari pajak bea perolehan hak tanah dan bangunan (BPHTB) dan juga pajak bumi dan bangunan (PBB) perkotaan.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Dorong Pemenuhan Pemenuhan Stok Hewan Kurban

Mengingat keduanya pada 2023 lalu mampu mencapai realisasi hingga 80% dan sangat membantu dalam pemaksimalan PAD Kota Bengkulu yang diperuntukan untuk pembangunan  Kota Bengkulu kedepannya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: