Mukomuko Tingkatkan Keamanan Jalan dengan Pemasangan Lampu LED di Jalinsum

Mukomuko Tingkatkan Keamanan Jalan dengan Pemasangan Lampu LED di Jalinsum

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mukomuko, Sirat Purnama, ST, M.Ec.Dev.-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kabupaten Mukomuko siap melakukan langkah besar dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan jalan dengan memasang lampu penerangan LED di sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum). Proyek ini akan dimulai dari depan terminal Kelurahan Koto Jaya hingga Kelurahan Bandar Ratu, menargetkan area strategis di Kecamatan Kota Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mukomuko, Sirat Purnama, ST, M.Ec.Dev, mengungkapkan antusiasmenya terhadap proyek ini.

"Di sepanjang jalan lintas dari Kelurahan Koto Jaya hingga Kelurahan Bandar Ratu, tepatnya di depan Satlantas Kecamatan Kota Mukomuko, kami akan memasang lampu LED untuk penerangan jalan. Ini adalah langkah penting untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan," jelasnya pada Kamis, 6 Juni 2024.

Anggaran awal untuk proyek ini telah tersedia, namun jumlah lampu penerangan yang akan dipasang hanya sebanyak 125 unit lampu LED. "Kami mengajukan tambahan anggaran untuk membeli lebih banyak lampu LED. Rencananya, lampu penerangan jalan ini akan menggunakan tenaga listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), bukan dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS)," ujarnya.

BACA JUGA:Revolusi Energi di Mukomuko: Puskesmas Dapat PLTS dan Fasilitas Modern dengan DAK 2024

Menurut Sirat, penggunaan lampu penerangan dari PLTS dihindari karena pemeliharaannya lebih sulit. "Meskipun nanti sudah dipasang sekitar 125 unit lampu penerangan jalan, jumlah tersebut masih kurang. Kami berencana mengajukan tambahan anggaran di APBD Perubahan 2024 dan APBD 2025 untuk menambah jumlah lampu penerangan," tambahnya.

Penerangan jalan ini akan diprioritaskan di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko dan sekitarnya, termasuk jalan menuju rumah sakit daerah. "Jika di tahun ini kegiatan itu sudah berjalan, di APBD 2025 mendatang kami usulkan kembali untuk menambah jumlah unit lampu penerangan jalan," lanjut Sirat.

Total anggaran yang dibutuhkan mencapai sekitar Rp1.078 juta dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Dishub 2024. "Pelaksanaan proyek ini diperkirakan akan dimulai pada bulan Juli mendatang. Mudah-mudahan ini dapat terealisasi sesuai rencana," imbuh Sirat.

Dengan pemasangan lampu penerangan ini, diharapkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan di Jalinsum meningkat, sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan dan tindak kriminal di malam hari.(end)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: