Kesbangpol Mukomuko Gelar Rapat Evaluasi Politik Jelang Pilkada Serentak 2024

Kesbangpol Mukomuko Gelar Rapat Evaluasi Politik Jelang Pilkada Serentak 2024

Kepala Kesbangpol Mukomuko, Ali Muchsin (Ujung kiri), dan Kepala Kesbangpol Pemprov Bengkulu, Jaduliwan (Pakai topi), membuka rapat evaluasi politik di Mukomuko, 3 Juni 2024.-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Menjelang Pilkada serentak tahun 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mukomuko menggelar rapat evaluasi situasi politik daerah yang penuh antusiasme.

Rapat yang diadakan pada Senin, 3 Juni 2024, di aula kantor Kesbangpol Mukomuko ini bertujuan untuk memastikan pelaksanaan Pilkada yang aman dan damai.

Kegiatan ini menghadirkan berbagai tokoh masyarakat, pemuda, Penyelenggara Pemilu, TNI-POLRI, Kejaksaan, perwakilan BIN, Persatuan Wartawan Indonesia, dan perwakilan media massa.

Rapat dibuka dengan penuh semangat oleh Kepala Badan Kesbangpol Pemprov Bengkulu, Jaduliwan, SE., MM., yang memberikan arahan penting mengenai isu-isu krusial menjelang Pilkada.

"Kami berharap masukan dan saran dari semua pihak. Apa yang menjadi saran dan masukan nanti akan kami catat dan menjadi rujukan dalam melaksanakan tugas," ujar Kepala Kesbangpol Mukomuko, Ali Muchsin, S.Pd., MAP, dalam sambutannya.

BACA JUGA:Sukses Menambah Pelanggan, Kunci Membaiknya Kinerja PLN 2023, Terbanyak dari Golongan Rumah Tangga

Kegiatan ini didasarkan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemantauan dan Pelaporan Perkembangan Politik di Daerah serta Surat Keputusan Bupati Mukomuko Nomor 100 138 Tahun 2024.

Arahan dari Kepala Kesbangpol Pemprov Bengkulu, Jaduliwan, menyoroti beberapa isu penting yang perlu diperhatikan, seperti netralitas ASN, penggunaan media sosial yang dapat menyebarkan berita bohong, serta pemetaan daerah-daerah yang rawan konflik saat Pilkada.

"Maka saya apresiasi Kesbangpol Mukomuko yang telah memulai kegiatan dengan forum diskusi seperti ini. Ini langkah yang sangat baik," ungkap Jaduliwan.

Beberapa masukan penting dari peserta rapat mencakup usulan agar Kesbangpol bersama TNI-POLRI dan penyelenggara Pemilu dapat melaksanakan kampanye Pilkada damai yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

BACA JUGA: Satgas TMMD ke-120 Bengkulu Utara, Lakukan Program Penebaran Benih Ikan

Selain itu, ada juga saran untuk membentuk satgas siber guna menangkal informasi-informasi tidak bertanggung jawab di media sosial yang dapat memperkeruh situasi politik.

Diskusi yang berlangsung selama lebih dari dua jam ini berjalan lancar dan penuh kontribusi aktif dari semua pihak. Semangat kebersamaan dan komitmen untuk menjaga kedamaian Pilkada terasa kuat sepanjang acara. (end)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: