Pendaftaran Calon KPU Kota Dibuka

Pendaftaran Calon KPU Kota Dibuka

\"kpu\"BENGKULU, BE - Tim Seleksi (Timsel) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu langsung tancap gas melaksanakan tahapan perekrutan calon anggota KPU Kota yang akan bertugas selama 5 kedepan. Sejauh ini, Timsel yang diketuai oleh Dr Panji Suminar itu telah merancang akan mengumumkan pendaftaran Senin (8/4) hingga Rabu (10/4). Sedangkan pendaftaran resmi dibuka pada Kamis (11/4) hingga Minggu (14/4).

\"Meskipun pendaftaran baru dibuka tanggal 11 April, namun pada saat pengumuman pada tanggal 8 hingga 10 itu sudah bisa dilakukan pengambilan formulir,\" kata Dr Panji Suminar, kemarin.

Dalam perekrutan tersebut, Panji mengaku tidak ada pembatasan jumlah calon peserta. Sepanjang memenuhi persyaratan, pihaknya membuka peluang yang sama kepada masyarakat Bengkulu.

\"Jika merasa memenuhi persyaratan, silakan mendaftar, karena semua masyaratakat diberikan peluang yang sama,\" ujarnya. Disinggung soal persyaratan, Panji mengungkapkan persyatan calon komisioner KPU mengacu pada Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2013 Bab II, yakni pada saat pendaftaran berusia paling rendah 30 (tiga puluh) tahun; berintegritas, pribadi yang kuat, jujur, dan adil; memiliki pengetahuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu terutama dari bidang ilmu politik/pemerintahan, hukum, atau manajemen; berpendidikan paling rendah S-1; berdomisili di Kota Bengkulu, dan sejumlah persyaratan lainnya.

Untuk mendapatkan anggota KPU yang berkualitas dan berkompeten, Panji meminta kepada masyarakat Kota Bengkulu yang memiliki kompetensi dibidang penyelenggara Pemilu untuk mendaftarkan diri. Karena semakin banyak yang berkualitas ikut mendaftar, maka peluang untuk mendapatkan anggota KPU yang betul-betul berkualitas akan terbuka lebar.

\"Jika pendaftarnya sedikit dan didominasi oleh orang-orang yang kurang berkompeten, maka kami kesulitan untuk mendapatkan anggota KPU sesuai dengan harapan. Untuk itu, Timsel mengundang putra-putri terbaik Kota Bengkulu untuk ikut serta,\" imbaunya.

Dalam penyeleksian nantinya, Panji menjamin penuh bahwa pihaknya akan melakukan seleksi secara transparan, akuntable dan objektif. Dekan Fisip UNib itu secara lantang mengungkapkan bahwa pihaknya tidak akan menerima titipan dan sejenisnya. \"Jabatan sebagai Timsel ini memiliki tanggung jawab yang besar. Oleh karena itu, kami akan menjalankan amanah ini dengan sebaik mungkin dengan bekerja tidak mau diintervensi atau dikendalikan oleh pihak tertentu,\" tegasnya.

Dengan demikian, ia pun menjamin anggota KPU Kota yang terpilih nantinya adalah orang-orang terbaik yang berhasil lolos dari seleksi ketat yang dilakukan oleh Timsel. Sehingga kualitas dan integritas anggota KPU tersebut tidak perlu diragukan lagi, dan siap menjalankan tugas secara profesional selama 5 tahun kedepan. \"Pokoknya nanti siapa yang lolos menjadi anggota KPU, itulah yang terbaik,\" pungkasnya.(400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: