Ini Dia Contekan Menu Diet Sehat Setiap Hari

Ini Dia Contekan Menu Diet Sehat Setiap Hari

Nutrisi esensial yang harus ada dalam menu diet sehat dibagi menjadi 2 kategori, yakni makronutrien dan mikronutrien. --

4. Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral berfungsi untuk membantu organ-organ tubuh dalam menjalankan fungsinya dengan baik. Vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin A, B, C, D, E, dan K. Sementara itu, mineral yang dibutuhkan tubuh antara lain adalah kalsium, zat besi, kalium, zinc, dan selenium.

5. Air

Cairan memang tidak memiliki nutrisi, tetapi air bisa menghidrasi tubuh. Sekitar setengah dari komposisi tubuh manusia terdiri dari air. Air minum mengandung mineral tertentu, tergantung dari lokasi dan pemrosesan yang dilalui sampai menjadi air yang layak minum.

Selain dari air minum, Anda bisa mendapat cairan dari makanan, seperti buah dan sayuran yang mengandung banyak air. Anda juga dapat membuat infused water dengan mencampurkan buah-buahan, seperti stroberi, semangka, atau lemon, ke dalam air minum. Selain agar memiliki kandungan nutrisi, infused water juga terasa lebih segar. Semua kandungan yang dijelaskan di atas, mulai dari karbohidrat sampai air, bisa didapatkan dalam menu diet sehat.

BACA JUGA:Ini Dia Jenis Makanan Penyebab Gagal Ginjal yang Perlu Dibatasi

Selain memperhatikan nilai gizinya, makanan yang harus ada di menu diet sehat juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian Anda. Tiap individu memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Wanita dewasa membutuhkan 2.000 kalori setiap hari sedangkan pria dewasa memerlukan 2.500 kalori.

Contoh Menu Diet Sehat Setiap Hari
Berikut ini adalah menu diet sehat yang bisa Anda terapkan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Meski dinamakan menu diet sehat, lidah Anda masih bisa dimanjakan oleh variasi makanan ini:

Sarapan

Untuk menu diet sehat di pagi hari, Anda bisa mengisi perut dengan 2 butir telur rebus atau dimasak orak-arik dengan sedikit minyak. Agar sarapan bisa lebih mengenyangkan, kombinasikan telur dengan 2 lembar roti gandum serta 1 cangkir susu rendah lemak. Susu bisa diganti dengan teh atau kopi tanpa susu dan gula.Selain itu, Anda juga bisa sarapan dengan oatmeal yang dicampur dengan beragam buah-buahan, seperti buah naga, alpukat, dan pisang.

BACA JUGA:Menilik Beragam Manfaat Ikan Sarden yang Perlu Diketahui

Makan siang

Pada waktu siang, Anda bisa menyantap 1 potong dada ayam yang dipanggang atau ditumis, 1 mangkuk salad atau gado-gado, dan 1 genggam nasi. Kentang rebus atau panggang juga bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Selain itu, menu diet sehat untuk makan siang juga bisa dengan ikan, tumis sayuran, serta tahu dan tempe.

Makan malam

Saat makan malam, konsumsilah 1 cangkir brokoli yang dikukus atau ditumis, 1 cangkir nasi merah, 1 potong ikan, dan 1 mangkuk salad yang berisi bayam, tomat, serta bawang bombai. Sebagai pilihan lain, Anda juga bisa mengonsumsi beragam jenis buah-buahan atau roti gandum utuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: