Wanita Harus Tahu, Inilah 7 Perbedaan Darah Haid dan Darah Awal Kehamilan

Wanita Harus Tahu, Inilah 7 Perbedaan Darah Haid dan Darah Awal Kehamilan

Darah haid dan darah awal kehamilan disebut juga sebagai spotting implantasi-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tahukah kamu jika darah haid dan darah awal kehamilan memiliki perbedaan. darah haid dan darah awal kehamilan disebut juga sebagai spotting implantasi

Spotting implantasi merupakan kondisi yang sering kali membingungkan karena keduanya melibatkan keluarnya darah dari vagina, namun sumber dan alasan kejadiannya sangat berbeda. Untuk mengetahui informasi mengenai perbedaan keduanya, mari simak ulasasn berikut ini. 

Darah haid merupakan darah yang muncul dari siklus menstruasi normal yang terjadi sebagai akibat penolakan lapisan endometrium (lapisan dalam rahim) yang tidak dibutuhkan karena tidak terjadi kehamilan. 

Proses haid terjadi secara rutin biasanya setiap 28 hari atau sesuai dengan siklus menstruasi masing-masing wanita dan ditandai dengan keluarnya darah yang lebih banyak dan berlangsung selama beberapa hari (umumnya antara 3 hingga 7 hari). 

BACA JUGA:Inilah 6 Manfaat Daun Pandan untuk Wanita, Salah Satunya Dapat Hilangkan Nyeri Haid

Darah haid ini bisa berwarna merah terang hingga gelap dan sering disertai dengan gejala lain seperti kram, nyeri punggung, dan perubahan mood.

Sementara itu, darah awal kehamilan atau spotting implantasi terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim. Ini adalah bagian dari proses implantasi yang biasanya terjadi antara 6 hingga 12 hari setelah ovulasi. 

Spotting implantasi biasanya sangat ringan dibandingkan dengan darah haid dan berlangsung singkat, seringkali hanya satu atau dua hari. Darahnya biasanya berwarna merah muda atau coklat muda dan tidak disertai dengan gejala yang signifikan seperti yang terjadi pada menstruasi.

Oleh karena itu penting mengenali perbedaan dan tanda-tanda dari darah haid dan darah awal kehamilan yang kamu rasakan. Sehingga tidak perlu panik dan tergesah-gesah. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan perbedaan flek haid dan flek awal kehamilan. 

BACA JUGA:Real atau Hoax? Mata Indah Wanita yang Terpancar Ketika Sedang Jatuh Cinta

1. Warna

Perbedaan utama yang dapat terlihat adalah warna. Flek yang muncul karena kehamilan biasanya berwarna cokelat atau cokelat tua, yang merupakan hasil dari perdarahan implantasi. 

Hal ini berbeda dengan flek haid, yang mungkin mulai sebagai cokelat muda atau merah cerah dan kemudian berubah menjadi merah tua seiring berlangsungnya siklus.

2. Banyaknya darah 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: