Diekspor ke Luar Negeri, Ini Dia 8 Manfaat Daun Ketapang Serta Cara Menggunakannya

Diekspor ke Luar Negeri, Ini Dia 8 Manfaat Daun Ketapang Serta Cara Menggunakannya

Daun ketapang memiliki manfaat untuk kesehatan manusia bahkan dapat dimanfaatkan untuk menyembukan penyakit kronis-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tengah ramai di media sosial terutama TikTok, terkait ekspor daun ketapang keluar negeri yang menghasilkan pendapatan yang besar jika dijadikan pilihan untuk berbisnis. 

Daun ketapang diekspor bukan tanpa alasan, melainkan mengandung manfaat yang cukup banyak salah satunya, daun ketapang biasa digunakan untuk memelihara ikan cupang. Namun, masih banyak manfaat lain daun ketapang untuk kesehatan.

Apa saja manfaat daun ketapang untuk kesehatan? Yuk, simak ulasan berikut ini. 

Ketapang (Terminalia catappa) adalah tanaman yang termasuk ke dalam famili Combretaceae. Daun dari tanaman ini berukuran besar dan berbentuk bulat atau oval dengan ujung yang agak lancip.

BACA JUGA:Simak Spesifikasi Toyota Raize: Mesin, Fitur, Eksterior, Dan Interior

Warna daunnya hijau tua, kemudian berubah menjadi merah atau kecokelatan, hingga akhirnya berguguran.

Di luar negeri, tanaman ketapang memiliki ragam nama. Beberapa nama lain daun ini di antaranya Indian almond, tropical almond, beach almond, talise, talisay, deshi badam, dan sebagainya.

Meski asalnya tak begitu diketahui, tanaman ini telah tersebar dan ditemukan di beberapa negara tropis, seperti India, Malaysia, Indonesia, Filipina, Australia, serta negara-negara Afrika, termasuk Nigeria.

Hampir seluruh bagian dari tanaman ketapang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Selain buahnya yang bisa dimakan, kulit kayu, akar, serta daunnya juga sering digunakan sebagai obat herbal.

BACA JUGA:4 Fitur Unggulan Motor Listrik Dragon-Sli: Material Anti Lecet dan Lebih Ringan

Khasiat daun ketapang ini bisa didapatkan berkat ragam kandungan fitokimia yang ada di dalamnya. 

Tak heran jika daun ketapang dikenal memiliki sifat antioksidan, antikanker, antiperadangan, antivirus, antimikroba, antidiabetik, serta hepatoprotektif yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Manfaat daun ketapang

Ada ragam manfaat daun ketapang untuk kesehatan manusia. Berikut adalah beberapa manfaat atau khasiat dari daun ketapang yang bisa Anda dapatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: