Begini Cara Perawatan Komponen Mobil Listrik yang Tepat

Begini Cara Perawatan Komponen Mobil Listrik yang Tepat

Perawatan dari mobil listrik ini bisa mencakup berbagai hal, mulai dari kondisi baterai hingga mengecek kondisi software yang membuatnya lebih mudah dalam memantau kondisi mobil listrik-Pinterest -

Pembaruan pada software mobil listrik ini akan mendukung performa mobil listrik menjadi lebih maksimal serta mencegah terjadinya penurunan performa bahkan pada sejumlah fitur menjadi kurang nyaman.

4. Susun Jadwal Pengisian Baterai

Cara merawat mobil listrik yang keempat adalah dengan melakukan penyusunan  jadwal pengisian baterai. Perhatikan untuk mengetahui durasi pengisian baterai dengan baik sehingga kamu bisa membuat jadwal secara berkala terutama jika mobil digunakan secara rutin setiap harinya. Jadwal ini bisa didasarkan pada daya atau kapasitas baterai dari mobil listrik.

Pengisian baterai pada mobil listrik ini idealnya nggak perlu dilakukan setiap hari karena baterai dari mobil listrik ini memiliki tingkat ketahanan yang cukup lama.

Kamu juga bisa memanfaatkan mode slow charging untuk membuat usia baterai dari mobil listrik menjadi bertahan lama dan mencegah terjadinya penurunan kualitas dari baterai mobil listrik yang sedang digunakan.

BACA JUGA:Dapat Hindari Risiko Kecelakaan, Ini Alasan Banyak Orang Pilih Mobil Hatchback

5. Cek Radiator, Kampas Rem dan Filter AC

Cara merawat mobil listrik yang kelima adalah dengan melakukan pengecekan radiator, kampas rem dan filter AC secara berkala. 

  • Radiator 

Pengecekan radiator ini akan cukup penting karena akan berpengaruh terhadap suhu mobil listrik pada saat digunakan  dan kamu bisa melakukan pengecekan radiator hingga jumlah airnya secara berkala setiap hari sebelum digunakan.

  • Kampas rem 

Perawatan yang kedua adalah pada bagian kampas rem yang memiliki bagian cukup penting terutama keselamatan. 

Kampas rem ini bisa kamu cek secara berkala dan untuk pengecekan ini bisa kamu lakukan di bengkel resmi atau di sejumlah tempat servis yang memiliki kerjasama secara langsung dengan mobil listrik yang sedang kamu gunakan.

BACA JUGA:Tidak Perlu Repot ke Bengkel, Ini Dia Cara Mengatasi Karet Wiper Mobil yang Keras

  • Filter AC

Pengecekan selanjutnya adalah pada bagian filter AC yang berdampak pada performa mobil saat digunakan terutama saat cuaca sedang terik. 

Filter AC ini bisa kamu cek secara berkala dan membersihkannya supaya tetap bersih dan bekerja dengan optimal. Kondisi filter AC yang kurang terawat akan membuat kualitasnya mengalami penurunan dan hal ini kurang baik.

AC yang bersih dan terawat akan membuat kualitasnya lebih tahan lama dan kualitas udara yang dihasilkan juga lebih sejuk serta hemat terhadap penggunaan bahan bakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: