5 Ragam Manfaat Minyak Jarak untuk Kesehatan

5 Ragam Manfaat Minyak Jarak untuk Kesehatan

Minyak jarak terkenal dengan manfaatnya yang sering kali dijadikan alternatif untuk menjaga kesehatan rambut selain minyak kemiri dan kelapa-Pinterest -

Manfaat selanjutnya yang bisa dirasakan jika menggunakan minyak jarak adalaj sebagai pelembab kulit. Minyak jarak juga bisa Anda gunakan sebagai pelembab kulit alami.

Kandungan asam risinoleat dalam minyak jarak bermanfaat untuk menghidrasi dan mempertahankan kadar air dalam kulit.

Minyak jarak aman digunakan pada seluruh kulit, termasuk kulit wajah. Namun, karena tekstur minyak jarak cukup kental, minyak ini mungkin akan terasa sedikit lengket di kulit.

Jika Anda kurang suka teksturnya yang lengket, Anda bisa mencampur minyak jarak dengan minyak lain yang juga bermanfaat untuk menghidrasi kulit, seperti minyak almond, minyak zaitun, atau minyak kelapa.

BACA JUGA:Apa Manfaat Serai Bagi Kesehatan dan Cara Pengolahannya

3. Mempercepat penyembuhan luka 

Memiliki sifat antiinflasi minyak jarak juga mampu mempercepat proses penyembuhan luka atau peradangan dan iritasi pada kulit. Sifat antiinflamasi minyak jarak mampu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada luka atau peradangan. 

Bersamaan dengan itu, sifat melembapkan minyak ini mampu mencegah kekeringan dan penumpukan sel kulit mati luka yang dapat memperlambat proses penyembuhan.

Selain itu, minyak jarak juga dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru lebih cepat, sehingga risiko infeksi juga akan menurun.

BACA JUGA:Apa Manfaat Serai Bagi Kesehatan dan Cara Pengolahannya

4. Mengobati jerawat

Bagi Anda yang sedang mengalami jerawat pada kulit wajah, Anda bisa jadikan minyak jarak sebagai alternatif obat pada jerawat di wajah.

Berkat sifat antiinflamasinya, minyak jarak juga diduga bermanfaat untuk mengobati jerawat. Sifat antiinflamasi minyak jarak bisa meredakan peradangan pada kulit yang berjerawat dan menenangkan kulit yang iritasi.

Minyak jarak juga memiliki sifat antimikroba sehingga mampu membantu melawan dan menghambat pertumbuhan bakteri berlebih yang dapat menyebabkan jerawat, seperti bakteri Staphylococcus aureus.

5. Mengobati sembelit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: