Ini Dia Manfaat Moisturizer untuk Kulit dan Cara Pakai yang Benar

Ini Dia Manfaat Moisturizer untuk Kulit dan Cara Pakai yang Benar

Kebanyakan produk pelembap memberikan efek kilau (glowing) setelah dioleskan ke kulit.--

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Moisturizer merupakan salah satu produk penting dalam rangkaian perawatan kulit. Produk yang mengandung air, bahan oklusif, humektan, atau emolien ini, terbukti mampu menjaga dan meningkatkan kandungan air di kulit, sehingga kulit senantiasa lembap.

Manfaat Moisturizer adalah menjaga dan meningkatkan kelembapan kulit. Produk skincare ini bisa mencegah hilangnya cairan dari kulit sehingga jaringan kulit bisa tetap kuat dan sehat. Dari satu manfaat ini, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika mengoleskan Moisturizer setiap hari, mulai dari merawat kulit berjerawat hingga melawan tanda-tanda penuaan.

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Turunkan Tim Tangani Banjir Lebong

Tak hanya penting untuk pemilik kulit kering, manfaat moisturizer juga penting untuk orang yang memiliki jenis kulit lainnya, baik kulit normal maupun kulit berminyak. Namun, agar manfaat moisturizer bisa lebih optimal, kamu perlu memilih moisturizer dengan kandungan bahan yang tepat dan cocok untuk kulitmu.
Manfaat Moisturizer yang Perlu Kamu Tahu

Manfaat moisturizer dalam melembapkan kulit mungkin terdengar familier. Namun, tahukah kamu bahwa kulit yang lembap merupakan kunci utama kulit sehat?

Itulah mengapa ada banyak sekali manfaat moisturizer yang bisa diperoleh bila kamu rutin menggunakannya. Nah, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Melembapkan kulit
Tujuan utama penggunaan moisturizer adalah menciptakan kulit yang lembap. Manfaat moisturizer ini bisa diperoleh dari tiga jenis kandungan pelembap, yakni humektan, oklusif, dan emolien. Meski cara kerjanya berbeda, ketiga kandungan pelembap ini memiliki fungsi yang sama.

Humektan akan menangkap air dari udara dan lapisan kulit dalam untuk meningkatkan kelembapan lapisan kulit terluar. Sementara itu, oklusif bertindak sebagai pelindung lapisan permukaan kulit dari penguapan, sehingga kulit tidak mudah kering. Kalau emolien, bahan ini mampu melapisi kerak-kerak pada kulit kering agar tetap lembap.

BACA JUGA:Waspada Terserang Penyakit Pasca Lebaran

2. Menyamarkan noda hitam
Kebanyakan produk pelembap memberikan efek kilau (glowing) setelah dioleskan ke kulit. Nah, efek ini bisa membantu menyamarkan noda hitam, sehingga warna kulit tampak lebih merata sekaligus bercahaya. Manfaat moisturizer yang satu ini tentunya bisa meningkatkan rasa percaya dirimu, kan?

3. Mengatasi peradangan pada kulit
Kulit yang meradang ditandai dengan rasa perih, nyeri saat disentuh, dan tampak kemerahan. Makanya, salah satu cara untuk meredakan tanda peradangan ini adalah meningkatkan kelembapan dan hidrasi kulit dengan menggunakan moisturizer.  Penggunaan moisturizer juga berfungsi untuk mencegah kulit menjadi kering dan mudah meradang kembali.

4. Merawat kulit berjerawat
Penggunaan obat jerawat, seperti retinoid dan benzoil peroksida, dapat membuat kulit  lebih cepat mengelupas dan menyebabkan kulit kering. Kalau dibiarkan tanpa moisturizer, kulit bisa mengalami pecah-pecah serta luka, dan pada akhirnya memicu infeksi yang membuat kondisi kulit berjerawat makin parah. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk tetap menggunakan moisturizer walaupun sedang berjerawat. Agar tidak terasa berminyak, pilihlah produk moisturizer yang berbahan dasar air atau berlabel noncomedogenic.

BACA JUGA:Sengkuni! Kalau Bicara Klemak-Klemek Tapi Jadi Tukang Fitnah

5. Mendukung regenerasi sel-sel kulit
Secara alami, kulit akan menghasilkan sel-sel baru untuk menggantikan sel kulit yang mati. Nah, regenerasi sel ini lebih mudah terjadi saat kulit dalam kondisi lembap. Jadi, bila kamu tak ingin kulit mati menumpuk di kulit dan menyebabkan kulit tampak kusam, gunakan moisturizer secara rutin, ya.

6. Melawan tanda-tanda penuaan
Kulit tampak menua karena kerutan dan garis halus? Kamu perlu mempertimbangkan manfaat moisturizer, nih. Soalnya, produk moisturizer biasanya dilengkapi dengan vitamin B, vitamin C, dan vitamin E, yang bisa mengurangi garis halus dan kerutan. Selain itu, vitamin C juga bisa meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit terasa lebih kencang dan elastis.

7. Memperkuat skin barrier
Skin barrier merupakan garda terdepan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan polusi, sinar UV, kuman, dan bakteri. Nah, supaya skin barrier tetap bisa menjalankan fungsinya, kamu perlu kulit yang lembap dan terhidrasi dengan baik. Itulah mengapa manfaat moisturizer penting untuk memperkuat pelindung kulit ini.

Cara Tepat Menggunakan Moisturizer
Moisturizer memang bertujuan untuk melembapkan dan menghidrasi kulit. Namun, manfaat moisturizer bisa jadi tidak optimal bila penggunaannya tidak tepat. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara menggunakan moisturizer dengan tepat:

BACA JUGA:Pandawa dan Kurawa Berjudi

Gunakan moisturizer setelah membersihkan kulit
Agar hasilnya maksimal, pastikan untuk selalu mengoleskan moisturizer setelah mencuci wajah, baik pada pagi maupun malam hari. Cara ini mampu mengunci kelembapan kulit dan efeknya membuat kulitmu tidak mudah kering. Ini juga berlaku untuk kulit tubuh, ya. Kamu dianjurkan untuk memakai pelembap, seperti body lotion, setelah mandi supaya kulit senantiasa lembap. Kulit tangan juga rentan kering. Jadi, kamu perlu, nih, mengoleskan moisturizer atau krim tangan setiap selesai mencuci tangan supaya kulit tidak kehilangan kelembapannya.

Pilih moisturizer dengan bahan aktif yang sesuai untuk jenis kulit
Hal yang tak kalah penting lainnya, pastikan moisturizer yang kamu gunakan sesuai dengan jenis kulitmu. Bagi pemilik kulit kering, kamu dapat memilih moisturizer yang mengandung shea butter, hyaluronic acid, cocoa butter, gliserin, ceramide, atau petrolatum.

Sementara bagi pemilik kulit berminyak, pilihlah moisturizer dengan kandungan gliserin, hyaluronic acid, ceramide, dimethicone, atau cyclomethicone. Jangan lupa pula untuk memilih produk moisturizer yang bersifat noncomedogenic agar tidak menyumbat pori-pori kulit, ya.

BACA JUGA:Wahyu Wiji Wasesa di Puncak Gunung Argo Piloso

Nah, supaya kulit senantiasa lembap dan terhidrasi, penggunaan moisturizer saja sebenarnya tidak cukup, lho. Ada beberapa hal yang juga perlu kamu perhatikan untuk mendukung peran moisturizer dalam mendapatkan kulit yang lembap, di antaranya:

- Hindari mandi terlalu lama dan menggunakan air panas, batasi waktu mandi maksimal 10 menit.
- Saat mengeringkan kulit, cukup tepuk-tepukkan handuk ke bagian kulit yang basah, tidak perlu digosok terlalu kencang.
- Minum air yang cukup setidaknya 8 gelas air putih sehari.
- Gunakan sabun badan atau wajah yang berbahan lembut serta bebas alkohol atau pewangi.
- Oleskan tabir surya setiap beraktivitas di luar ruangan.
- Batasi asupan garam harian.
- Konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung air, seperti selada, tomat, dan timun.
- Batasi konsumsi minuman beralkohol.

BACA JUGA:Ingin Melewati Shiratal Mustaqim Secepat Kilat, Gus Baha Bagikan Rahasianya

Itulah beberapa manfaat moisturizer dan cara tepat menggunakannya. Bila setelah mengoleskan moisturizer kulitmu mengalami iritasi, segera hentikan penggunaannya dan konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan. Kamu juga perlu bertanya ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan moisturizer jika memiliki kondisi kulit tertentu, seperti dermatitis.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: