Bolehkah Salam-salaman Menggunakan Sarung Tangan Saat Lebaran? Ustaz Khalid Basalamah Tegaskan Ini

Bolehkah Salam-salaman Menggunakan Sarung Tangan Saat Lebaran? Ustaz Khalid Basalamah Tegaskan Ini

Ustaz Khalid Basalamah jelaskan hukum salam-salaman meggunakan sarung tangan saat lebaran-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

"Lebih ringan baginya ditusuk dengan besi yang tajam dunia daripada hukuman yang datang nanti hari kiamat," tambah Ustaz Khalid Basalamah.

Maka dengan tegas, Ustaz Khalid Basalamah menyatakan bahwa sentuhan antara lawan jenis yang bukan mahram adalah haram secara hukum.

"Bagi siapapun orang yang menyentuh, atau orang yang menyentuh dengan wanita yang tidak halal buat dia, memang nggak boleh. Kata Nabi shalallahu alaihiwasallam, Saya tidak pernah menyalami wanita yang bukan mahram, memang larangan Nabi shalallahu alaihiwasallam," jelas Ustaz Khalid Basalamah.

Oleh karena itu, baik dalam momen Lebaran maupun dalam kegiatan sehari-hari, disarankan untuk menggunakan isyarat agar tidak bersalaman dengan bersentuhan secara langsung.

Penting untuk diingat bahwa tetap tidak diperbolehkan bersentuhan dengan lawan jenis meskipun telah menggunakan kain pelapis atau sarung tangan.

"Jadi kita berikan isyarat memang tidak boleh dilarang bersalaman sini, ada pelapis enggak ada pelapis sama saja. Itu umum, larangan dan sebaiknya jangan. Tegur sapa assalamualaikum iya, orang salam kita jawab iya, apa kabar baik. Alhamdulillah, jawab biasa," terang Ustaz Khalid Basalamah.

Ustaz Khalid Basalamah mengingatkan agar tetap menjaga adab-adab Islam saat berinteraksi dengan lawan jenis yang bukan mahram, terutama dalam momen Lebaran.

BACA JUGA:Bolehkah Anak Diajarkan Puasa Setengah Hari, Ini Kata Ustaz Khalid Basalamah

BACA JUGA:Dijamin Tak akan Lagi Pusing Masalah Rezeki, Simak Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah Berikut

"Tapi adab, adab syar'i dijaga, salaman itu tidak ada, kontak mata itu tidak ada dan seterusnya itu hal-hal yang diperintah," demikian Ustaz Khalid Basalamah.

Itulah penjelasan Ustaz Khalid Basalamah tentang hukum salam-salaman menggunakan sarung tangan saat lebaran. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: