Bisa Dicoba Di Rumah! Tips Jitu Menghilangkan Ngantuk dengan Jari

Bisa Dicoba Di Rumah! Tips Jitu Menghilangkan Ngantuk dengan Jari

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan teknik akupresur dengan memberi tekanan pada bagian tubuh tertentu menggunakan jari merasa lebih terjaga dan tidak terlalu mengantuk.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Cara menghilangkan ngantuk dengan jari bisa dilakukan dengan memberi tekanan pada titik-titik tertentu di beberapa bagian tubuh. Cara ini umumnya aman, efektif, dan praktis untuk diterapkan di mana pun, misalnya di ruang rapat, di kelas, atau di kantor.

Cara menghilangkan ngantuk dengan jari termasuk jenis teknik pijat akupresur dengan menekan bagian tubuh tertentu. Metode ini dapat memulihkan tenaga dan merangsang pelepasan endorfin. Selain meredakan nyeri, hormon ini bisa membangkitkan semangat dengan menaikkan kadar dopamin.

BACA JUGA:Wajib Diketahui Umat Muslim, Ustaz Adi Hidayat Jelaskan 4 Kemuliaan Bulan Suci Ramadhan

Banyak orang yang mengandalkan asupan kafein untuk menghilangkan ngantuk serta meningkatkan fokus dan konsentrasi. Padahal, sebenarnya Anda bisa memanfaatkan ujung jari tangan sendiri untuk memijat titik-titik tubuh tertentu untuk menghilangkan rasa ngantuk.

Cara Menghilangkan Ngantuk dengan Jari
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan teknik akupresur dengan memberi tekanan pada bagian tubuh tertentu menggunakan jari merasa lebih terjaga dan tidak terlalu mengantuk.

Berikut ini adalah beberapa titik pada tubuh yang bisa ditekan sebagai cara menghilangkan ngantuk dengan jari:

1. Bagian atas kepala
Untuk menghilangkan ngantuk dengan jari, Anda bisa memberi tekanan dengan mengetuk-ngetuk ringan bagian atas kepala menggunakan ujung jari. Agar bisa mendapat hasil yang maksimal, lakukan cara menghilangkan ngantuk dengan jari ini selama 5–6 menit.

BACA JUGA:Performa Oke Buat Main Game, Ini Spesifikasi dan Harga HP Tecno POVA 4

2. Bagian atas belakang leher
Selain atas kepala, titik akupresur yang ampuh untuk menghilangkan ngantuk adalah bagian atas belakang leher. Anda bisa memijat titik ini dengan memberi tekanan yang cukup kuat dan mengulanginya beberapa kali minimal selama 5 menit.

3. Punggung tangan, di antara ibu jari dan telunjuk
Cara menghilangkan ngantuk dengan jari juga bisa dengan pemberian tekanan pada area punggung tangan, tepatnya di antara ibu jari dan telunjuk tangan. Selain mengatasi ngantuk, memberi pijatan pada titik ini juga dipercaya dapat meredakan sakit kepala dan nyeri haid.

4. Tepat di bawah lutut
Titik akupresur lain yang bisa Anda coba untuk menghilangkan ngantuk adalah tepat di bawah lutut. Anda bisa menekan area ini dengan ibu jari atau telunjuk dengan gerakan melingkar searah jarum jam atau berlawanan. Gerakan ini juga bisa mengontrol nafsu makan, meredakan gejala asam lambung, dan mengatasi sembelit.

BACA JUGA:Mainkan 5 Aplikasi Penghasil Saldo DANA Gratis Ini, Dapat Rp100 Ribu Per Hari! Salah Satunya Ada Ruang Guru

5. Bagian telapak kaki
Titik terakhir yang dipercaya mampu menghilangkan ngantuk adalah bagian telapak kaki, tepatnya di tengah-tengah. Agar efeknya lebih ampuh, Anda dianjurkan untuk memberi tekanan yang kuat menggunakan jari. Cara menghilangkan ngantuk dengan jari ini juga perlu dilakukan berulang kali selama beberapa menit.

Selain dengan jari, melakukan teknik pijat akupresur juga bisa menggunakan alat bantu, seperti roller terapi atau cincin khusus. Tidak hanya mampu mengatasi rasa kantuk, manfaat akupresur juga bisa membuat tubuh lebih rileks, mengatasi kecemasan, serta meredakan nyeri otot, sakit kepala, mual, dan muntah akibat mabuk perjalanan.

Namun, Anda perlu menghindari cara menghilangkan ngantuk dengan jari ini jika mengalami memar, patah tulang, baru saja menjalani operasi, atau sedang hamil.Anda juga perlu berkonsultasi ke dokter sebelum mencoba berbagai cara menghilangkan ngantuk dengan jari jika menderita radang sendi, penyakit jantung, dan kanker.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: