Ops Ketupat Nala 2024, 2.236 Personel Siap Amankan Bengkulu

Ops Ketupat Nala 2024, 2.236 Personel Siap Amankan Bengkulu

Kapolda Bengkulu saat meninjau kesiapan Personel-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ribuan personel dari TNI/Polri dan instansi terkait siap amankan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H/2024. Para personel ini nantinya akan ditempatkan dibeberapa titik yang memang sudah menjadi locus arus mudik hari raya Idul Fitri nanti.

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Armed Wijaya menyebutkan, para personel yang terlibat dalam Operasi Ketupat Nala 2024 sebanyak 2.236 personel.

Personel ini terdiri dari TNI sebanyak 142 personel, Polri sebanyak 1.260 personel, Dinas Perhubungan  sebanyak 127 orang, Dinas Kesehatan 97 orang, dan Satpol PP 126 orang.

Lalu untuk petugas Damkar sebanyak 67 orang, Jasa Raharja 23 orang, PMI sebanyak 30 orang, BPBD 60 orang, Basarnas 77 orang, PUPR 20 orang, PLN 31 orang, Senkom 45 orang, Angkasa Pura 6 orang, Pramuka 86 orang dan organisasi masyarakat sebanyak 39 orang.

BACA JUGA:Kunker ke Bengkulu, Staf Ahli Menko Polhukam Bahas Peningkatan Ekonomi di Sektor Tambang

"Operasi Ketupat Nala 2024 ini akan berlangsung selama 13 hari kedepan. Dimulai sejak 4 April sampai dengan 16 April mendatang," ujar Irjen Pol Armed Wijaya, Rabu (3/4/2024), usai memimpin apel gelar pasukan di lapangan Rekonfu Polda Bengkulu.

Ia juga menjelaskan, Operasi Ketupat Nala ini mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan hubungan masyarakat, penegakan hukum dan bantuan operasi.

Tak hanya itu, pada operasi ini pula Kapolda Bengkulu Irjen Pol Armed berharap agar arus mudik dan arus balik hari raya idul fitri tahun ini dapat berjalan lancar.

Menurunnya angka kriminalitas, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta fatalitas korban laka lantas.

"Jumlah pemudik tahun ini sangat meningkat. Oleh sebab itu saya himbau agar masyarakat dapat mengedepankan keselamatan saat mudik nanti dan melapor ke kepolisian apabila rumah tersebut ditinggal. Minimal dapat penjagaan dari polisi yang patroli," pungkas Kapolda Bengkulu.

BACA JUGA:Hadapi Lebaran, Dinkes Kota Bengkulu Siapkan 3 Posko Darurat

Sementara itu, guna terjaminnya keamanan dan keselamatan masyarakat dalam menjalankan arus mudik. 

Pihaknya juga akan membuka posko-posko yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Seperti posko pelayanan dan posko keamanan di setiap titik  yang menjadi perlintasan masyarakat saat mudik.

"Polri dalam hal ini tidak bisa bekerja sendiri, sehingga perlu sinergitas dari pihak lain agar operasi ketupat Nala 2024 ini berjalan lancar dan menjadikan mudik ini mudik aman dan ceria," tutup Irjan Pol Armed. (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: