Ciri-Ciri Busi Motor Jika Sudah Dalam Kondisi Buruk, Berikut Uraiannya

Ciri-Ciri Busi Motor Jika Sudah Dalam Kondisi Buruk, Berikut Uraiannya

Ciri-ciri untuk mengidentifikasi busi yang sudah dalam kondisi buruk pada sepeda motor-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Busi menjadi salah satu komponen yang punya fungsi terpenting pada sepeda motor. Meski berukuran kecil busi memiliki peran dalam sistem pengapian di sepeda motor. Tanpa busi, mesin sepeda motor tidak akan dapat dihidupkan. 

Busi berfungsi untuk meneruskan tegangan listrik yang disalurkan oleh koil pengapian (ignition coil) menjadi percikan api untuk membakar campuran udara dan dan bensin di ruang bakar. 

Seperti seluruh komponen motor lainnya, busi juga memerlukan perhatian dan perawatan agar kondisi dan kinerjanya tetap optimal. 

Jika busi dibiarkan dalam kondisi buruk, kinerjanya tidak akan sempurna sehingga menurunkan performa sepeda motor dan mengurangi efisiensi bahan bakar. 

Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan beberapa ciri-ciri untuk mengidentifikasi busi yang sudah dalam kondisi buruk pada sepeda motor, yuk simak uraiannya di bawah ini. 

BACA JUGA:Ini Dia Fungsi Lain Roda Mobil yang Selama Ini Tidak Diketahui

Mesin Sulit Dihidupkan

Salah satu tanda pertama busi sudah tidak baik adalah mesin sepeda motor sulit dihidupkan, baik menggunakan elektrik starter atau diengkol.  

Pada umumnya, penyebab utama terjadinya hal tersebut karena percikan api yang dihasilkan oleh busi tidak mencukupi untuk memicu pembakaran di dalam mesin. Artinya, itu tanda bahwa busi harus segera diganti. 

Performa Mesin Menurun

Kondisi busi yang aus dapat memengaruhi performa mesin sepeda motor secara keseluruhan seperti penurunan tenaga atau sulit berakselerasi dengan cepat.  

Selain itu, mesin juga mungkin terasa lebih lemah saat menanjak atau saat berakselerasi di kecepatan tinggi. Hal ini terjadi karena terdapat perubahan jarak antara elektroda dan massa (ground) pada busi. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Upgrade Audio Mobil Sebelum Mulai Perjalanan Mudik ke Kampung Halaman

Konsumsi Bahan Bakar Meningkat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: