Mudah Banget! Begini Cara Memperbaiki TV Tiba-Tiba Mati Sendiri

Mudah Banget! Begini Cara Memperbaiki TV Tiba-Tiba Mati Sendiri

Bisa jadi, TV di rumahmu mengalami mati tiba-tiba karena ada gangguan listrik seperti kabel daya yang longgar, pemadaman listrik, maupun gangguan tegangan listrik.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sedang asyik menonton TV bersama keluarga di rumah namun tiba-tiba mati sendiri? Waspada ada masalah yang harus diketahui dan diselesaikan sampai tuntas agar nggak mengganggu aktivitas santaimu tuh, . Kamu mungkin berpikir apakah perlu memperbaiki TV yang mati tersebut atau membeli TV baru karena bisa saja kerusakannya cukup fatal.

Pertimbangan seperti biaya perbaikan, usia TV, garansi, serta keinginan upgrade ke teknologi yang lebih baru bisa kamu pikirkan baik-baik. Selain itu, beberapa benda elektronik seperti TV juga bisa saja memiliki nilai emosional tersendiri bagi pemiliknya. Jika ingin memperbaikinya, kamu bisa mencari cara memperbaiki TV tiba-tiba mati sendiri sebelum melakukannya agar nggak salah.

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Membungkus Rambut dengan Handuk yang Perlu Kamu Tahu!

Sebaiknya jangan langsung terburu-buru memutuskan beli TV baru jika belum mengetahui masalah yang menyebabkan televisi tersebut tiba-tiba mati ya. Bisa jadi masalah yang terjadi adalah persoalan sepele dan bahkan bisa diselesaikan sendiri di rumah, lho. Simak cara memperbaiki TV tiba-tiba mati sendiri yang mudah banget di sini, yuk!

Periksa Sumber Daya
Kira-kira TV tiba-tiba mati sendiri apa penyebabnya? Banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya, salah satunya adalah karena ada masalah pada sumber daya listrik yang digunakan. Bisa jadi, TV di rumahmu mengalami mati tiba-tiba karena ada gangguan listrik seperti kabel daya yang longgar, pemadaman listrik, maupun gangguan tegangan listrik.

Jika terjadi masalah kabel dan koneksi, kamu bisa mencoba mengganti kabel daya yang rusak atau mencoba menempatkan ulang soket listrik. Dengan memeriksa sumber daya listrik terlebih dahulu, kamu sudah melakukan langkah awal atau dasar pencarian masalah pada peralatan elektronik yang mati secara tiba-tiba tersebut. Jika masih belum bisa nyala kembali, kamu dapat mencoba beberapa cara lainnya, ya.

BACA JUGA:Baru Release 2024, Aplikasi Game Penghasil Saldo DANA Gratis Rp100 Ribu Telah Terbukti Membayar Penggunanya

Periksa Kondisi Remote Control
Cara memperbaiki TV yang mati sendiri selanjutnya adalah dengan memeriksa remote control yang dipakai. Pastikan baterai dan remote control dalam keadaan yang benar dan kuat serta cukup bersih untuk digunakan. Kamu juga bisa memastikan apakah ada tombol yang terjebak alias terjepit di remote control tersebut sehingga tak merespon dengan baik ya, .

Terkadang, masalah teknis pada remote control hanya disebabkan oleh kotoran atau debu saja. Bisa jadi, tombol remote control juga tak sengaja tertekan karena tertimpa benda lain maupun terjatuh dari tempat penyimpanannya. Jika hal tersebut terjadi, bisa jadi tombol yang terpencet adalah tombol power atau daya maupun tombol yang mengalihkan ke mode standby.

Cek Timer atau Sleep Setting
Sebenarnya apa penyebab TV mati sendiri tapi lampu power hidup? Bisa jadi, TV milikmu di rumah memang mengaktifkan mode sleep atau menggunakan timer yang dihidupkan. Cobalah gunakan remote untuk mengakses menu pengaturan dan cek pada opsi timer, sleep timer, dan power saving di dalam menu tersebut untuk menonaktifkannya.

Setelah timer atau mode sleep dinonaktifkan, pastikan kamu menekan tombol Enter atau OK untuk menyimpan pengaturan tersebut. Agar lebih yakin, lakukan uji coba dengan menghidupkan kembali TV dan biarkan beroperasi dalam beberapa waktu sesuai pengaturan timer yang biasa diterapkan. Jika TV sudah tak mati secara tiba-tiba, artinya pengaturan sudah berhasil kamu lakukan.

BACA JUGA:Gak Boleh Ketinggalan! Ide Dekorasi Rumah untuk Menyambut Lebaran Tahun Ini

Periksa Ventilasi TV
Meskipun bisa jadi bukan masalah utama, memeriksa ventilasi TV juga termasuk cara ampuh dalam memperbaiki TV yang tiba-tiba mati sendiri. Pasalnya, TV yang sering dioperasikan dalam waktu lama atau kurang memiliki ventilasi di sekitarnya bisa berpotensi mengalami overheating yang dapat menimbulkan bahaya lebih besar seperti kebakaran.

Ventilasi yang tak berfungsi baik karena tertutup debu, kotoran, hingga rambut hewan peliharaan bisa menghambat sirkulasi udara yang efisien untuk mengoperasikan TV. Terjadinya overheating atau peningkatan suhu di dalam TV akhirnya dapat memicu aktifnya fitur otomatis untuk mematikan TV agar menahan suhu menjadi lebih tinggi. Apabila hal ini terjadi, segera bersihkan ventilasi di lingkungan TV dan biarkan TV sejenak dalam kondisi mati. Kamu dapat mencoba menyalakan TV kembali setelah ventilasi dalam keadaan bersih dan TV sudah dalam suhu yang lebih stabil.

Pastikan Kondisi Komponen
Memecahkan masalah terkait TV yang mati sendiri secara tiba-tiba juga bisa dilihat dari kondisi berbagai komponen yang dimilikinya. Komponen TV seperti papan sirkuit atau PCB, konektor, komponen listrik, dan berbagai komponen lainnya yang rentan mengalami kerusakan fisik seperti patah, penyok, atau terkelupas sehingga mengganggu aliran listrik di dalam TV bisa menjadi prioritas yang pertama kali dicek.

BACA JUGA:Pilih Sesuai Kebutuhan! Ini Dia Jenis Kipas Angin dan Fungsinya

Komponen elektronik yang berada di dalam TV juga bisa mengalami peristiwa korosi, oksidasi, atau timbul karat seiring berjalannya waktu. Hal tersebut biasanya terjadi pada TV yang terpapar kelembapan cukup tinggi. Selain korosi, bisa jadi TV kesayanganmu juga mengalami kebakaran komponen yang disebabkan oleh arus berlebih atau hubungan listrik yang tak stabil sehingga perlu segera diperbaiki atau diganti komponennya.

Reset TV
Kamu juga bisa segera melakukan reset atau pengaturan ulang pada TV yang mengalami mati sendiri secara tiba-tiba ya, . Bisa jadi, hal yang dialami oleh TV karena adanya masalah pada perangkat lunak yang membuatnya mati tiba-tiba. Melakukan reset TV akan menghapus konfigurasi sekaligus penyebab masalah perangkat tersebut sehingga akan memberi perbaikan sementara.

Selain itu, TV yang mati sendiri juga dapat disebabkan karena adanya pengaturan yang secara nggak sengaja diganti dari pengaturan standarnya. Dengan mereset TV, pastinya kamu akan mengembalikan TV pada pengaturan awal atau standar ya, . Yang perlu diingat jika ingin melakukan reset adalah pastikan mencatat hal yang dianggap penting seperti daftar channel hingga pengaturan jaringan karena semua datanya akan terhapus.

BACA JUGA:Ide Kado Lebaran Unik, Bakal Berkesan dan Tak Terlupakan!

Hubungi Layanan Pelanggan
Sudah mencoba semua cara dan belum berhasil, lalu bagaimana cara mengatasi TV yang mati sendiri? Jika semua cara sudah dicoba dan masih belum menunjukkan perubahan signifikan ke arah yang lebih baik, sebaiknya kamu segera menghubungi layanan pelanggan yang dimiliki oleh merek TV tersebut ya, .

Layanan pelanggan biasanya akan memberi panduan langkah demi langkah yang harus dilakukan untuk masalah tertentu. Selain itu, terdapat staf terlatih yang bisa memberi bantuan secara langsung sehingga dapat ditangani segera. Jika TV dirasa sudah terlalu tua, biasanya layanan pelanggan juga bisa memberi pertimbangan untuk membeli baru dibandingkan dengan melakukan servis dengan harga yang cukup tinggi.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: