Ingin Bertaubat di Bulan Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat Bagikan Caranya

Ingin Bertaubat di Bulan Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat Bagikan Caranya

Ustaz Adi Hidayat jelaskan cara bertaubat di bulan ramadhan-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Bulan Ramadan dianggap suci, di mana pahala amal kebaikan dilipatgandakan.

Selain itu, Ramadan juga dianggap sebagai waktu yang tepat untuk bertaubat. Menurut Ustaz Adi Hidayat, taubat adalah suatu ibadah yang memiliki aturan seperti ibadah lainnya.

Taubat melibatkan pengakuan dosa, penyesalan, kesadaran untuk memperbaiki diri, dan komitmen untuk berbuat lebih baik dari sebelumnya.

BACA JUGA:Ternyata Amalan Utama di Bulan Ramadhan Bukan Tarawih, Namun Amalan Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Saat Bulan Ramadhan, Berapa Kali Rasulullah SAW Khatam Al Qur'an, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Adi Hidayat juga menjelaskan bahwa dosa dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu dosa terhadap Allah dan dosa terhadap sesama manusia.

Penting bagi kita untuk memahami dengan jelas kedua jenis dosa ini agar kita dapat bertaubat dan memohon ampunan dengan benar terkait dosa-dosa yang mungkin telah kita lakukan dalam kehidupan kita.

Hal tersebut disampaikan Ustadz Adi Hidayat dalam ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Adi Hidayat Official

"Maka apa yang dilakukan dalam hal taubat yang dimaksudkan? Kita menadahkan diri, kita bersimpuh kepada Allah SWT untuk memohon ampunan sempurna dari semua dosa-dosa yang terkait dengan Allah SWT, caranya ada beberapa cara. Kita bisa lakukan melalui salat, karena dalam salat ada banyak doa di dalamnya. Karena dalam doa wujudnya memohon ampunan kepada Allah. Dalam rukuk kita memohon ampun, dalam sujud juga, pembuka salat juga," terang Ustaz Adi Hidayat.

"Dalam salat perlama sujud, ingat-ingat kesalahan apa yang pernah kita perbuat, memohon ampun kepada Allah setelah itu kita minta kebaikan-kebaikan, kita minta cara yang benar dan cara baik. Skema di luar salat bisa dilakukan dengan bermunajat mengangkat tangan, pertemukan dengan garis tangan, sejajarkan dengan dada dan cari doa spesifik sesui kesalahan yang mungkin kita pernah perbuat," jelas Ustaz Adi Hidayat.

BACA JUGA:Setiap Malam Ramadhan, Jangan Lupa Amalkan Doa Ini, Ustaz Adi Hidayat: Rasakan Manfaatnya

BACA JUGA:Ingin I'tikaf di Masjid, Ustaz Adi Hidayat Uraikan Cara yang dilakukan Rasulullah dan yang Harus Dilakukan

Ustaz Adi Hidayat mencontohkan bahwa Al-Quran mengatur tentang dosa-dosa besar, seperti menghilangkan nyawa orang, kemusyrikan, perzinahan, pembunuhan, dan dosa-dosa lainnya. Contohnya dapat ditemukan dalam Al-Quran surah 39 ayat 53.

"Sepanjang kamu masih hidup, nyawamu belum sampai ke kerongkongan jangan putus asa kepada kasih sayang dan Rahmat Allah, Allah menyampaikan jangan putus asa, karena yang putus asa itu cuma setan. Selama kita masih hidup kita bisa, jangan pernah dengarkan vonis manusia. Allah yang memutuskan, Allah yang memberikan solusi. Allah mengatakan ‘aku ampuni semua dosamu kalau kau mau datang, serius untuk bertaubat’," kata Ustaz Adi Hidayat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: