Tips Mencuci Motor, Hemat Air Tapi Tetap Kinclong Maksimal

Tips Mencuci Motor, Hemat Air Tapi Tetap Kinclong Maksimal

Meski cuci motor bisa dilakukan di rumah, bukan berarti kamu boleh asal. Mulai dari bagian bodi, mesin hingga roda harus dibersihkan secara maksimal agar motor terlihat terawat--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa yang paling ogah mencuci motor, nih? Emang, sih, lebih gampang ke salon motor atau tempat cuci motor terdekat. Tinggal tunggu beberapa saat, motor keluar dalam kondisi bersih, wangi dan kinclong. Padahal kamu bisa hemat sedikit berbekal tips and trick cara mencuci motor di bawah ini, dijamin hasilnya nggak kalah memuaskan, kok!

Meski cuci motor bisa dilakukan di rumah, bukan berarti kamu boleh asal. Mulai dari bagian bodi, mesin hingga roda harus dibersihkan secara maksimal agar motor terlihat terawat. Dan pastikan kamu rutin mencucinya setiap 1 pekan sekali agar setiap komponen motor tetap terjaga kesehatan dan kinerjanya.

BACA JUGA:Mau Gadai SK Karyawan Tetap di Pegadaian atau Bank? Ini Caranya

Berikut 7 langkah mencuci motor sendiri dengan benar:
- Pertama-tama siapkan dulu seluruh peralatan tempurmu untuk mencuci motor di rumah. Mulai dari sikat besar, sikat gigi, lap kanebo, spons, kain microfiber, baskom dan sampo khusus motor.
- Setelah itu, bilas motor dengan air. Pastikan seluruh bagian terkena air untuk memudahkan proses mencuci agar kotoran, debu, noda, bekas oli hingga lumpur bisa dibersihkan tanpa merusak cat.
- Lalu bersihkan bagian-bagian motor dengan sabun khusus yang telah dicampur air secukupnya. Gosok permukaan bodi yang kotor dengan spons dan bagian lain, seperti roda, rantai, mesin dengan sikat atau sikat gigi. Pastikan nggak ada yang terlewat.
- Gunakan selang atau ember untuk membilas motor dari busa sabun dengan air bersih. Lakukan sampai nggak ada sisa busa dan motor benar-benar bersih maksimal. Kalau perlu cek ulang apakah masih ada bagian yang kotor.
- Keringkan motor pakai kain bersih, kering dan lembut, seperti kanebo atau microfiber, untuk menghindari munculnya bercak air yang bikin tampilan motor terlihat kurang oke. Penggunaan kain yang kasar akan menimbulkan goresan dan lecet pada motor.
- Aplikasikan wax atau polish pada motor setelah kering. Fungsi wax penting agar motor terlindungi dari sinar matahari, debu, kotoran dan air hujan. Sementara polish berguna untuk menghilangkan noda dan goresan kecil di permukaan motor.

BACA JUGA:Kenali Ciri-Ciri Perut Buncit karena Kista pada Perempuan

Cara Mencuci Motor dari Kerak Bandel dan Karat
Kerak dan karat jadi dua musuh paling menakutkan bagi pemilik motor. Terutama mereka yang mencucinya sendiri di rumah. Pasalnya, untuk membersihkannya butuh tenaga ekstra. Bahkan nggak jarang, meski sudah dicuci, akan tetapi hasilnya nggak terlalu sempurna. Jangan berkecil hati dulu, karena sebandel apapun kotoran, tetap ada cara untuk mengatasinya.

Untuk membersihkan motor dari kerak dan karat, ada beberapa trik yang bisa kamu coba, seperti:
- Gunakan air yang dicampur detergen untuk menghilangkan debu dan kotoran dari mesin
- Bersihkan area mesin yang berkerak atau berkarat dengan bensin atau solar
- Kamu juga bisa pakai cairan pembersih wastafel untuk menyingkirkan kerak
- Cara lain membersihkan kerak dan karat adalah dengan larutan asam cuka
- Jika kondisi mesin berkarat cukup parah, coba amplas bagian yang berkerak
- Terakhir, langkah yang harus dilakukan ketika karat terlalu banyak, cat ulang mesin motormu

Cara Mencuci Motor yang Kusam jadi Mengkilap
Duh, bodi motor sudah mulai kusam dan pudar warna catnya, nih. Daripada dicat ulang, kamu bisa mencoba mengembalikan pesona bodi motor jadi mengkilap seperti baru dengan mengikuti langkah-langkah mudah di bawah ini. Yuks, langsung saja praktekkan tips rahasia cara mencuci motor berikut, jadi kamu bisa berkendara dengan percaya diri lagi, deh.

BACA JUGA:Catat! Ini Cara Jitu Mengobati Turun Berok dengan Jahe

- Bersihkan bagian motor dari minyak rem agar cat nggak pudar dan mengelupas
- Aplikasikan polish wax pada bodi motor secara rutin, motor mengkilap
- Cuci motor seenggaknya setiap 1 sampai 2 kali dalam seminggu, supaya tetap bersih
- Sering-sering mengelap motor untuk menyingkirkan debu dan kotoran
- Hindari mencuci motor pakai detergen dan gunakan rekomendasi sampo motor terbaik
- Tuang minyak kayu putih atau minyak goreng untuk bikin motor kinclong lagi
- Jaga kebersihan komponen metal dan hindari dari karat dan kerak
- Lapisi bodi motor dengan skotlet untuk menyembunyikan cat yang sudah kusam dan lecet

Cara Mencuci Motor Agar Mengkilap secara Alami
Seiring dengan semakin banyak pemilik motor yang sadar akan dampak penggunaan bahan kimia untuk mencuci motor terhadap lingkungan, berbagai cara alami pun terus bermunculan. Alih-alih membersihkan motor pakai bahan kimia yang berbahaya bagi Bumi, coba ganti dengan bahan alami yang bisa kamu temukan dengan mudah di sekitar.

Nggak cuma lebih ramah lingkungan, penggunaan bahan alami ternyata juga aman terhadap cat dan komponen lainnya pada motor, lho. Dan yang lebih penting, harganya pun ekonomis, sehingga nggak bikin kantong jebol. Beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan motor agar tetap kinclong adalah:

BACA JUGA:Biar Dianggap Suhu, Begini Cara Membuat Teks Arab di WhatsApp!

- Sabun alami
- Minyak zaitun atau minyak kelapa
- Soda kue
- Jeruk lemon
- Pisang
- Cuka
- Teh hitam

Cara Mencuci Motor Hitam yang Kusam
Hitam memang jadi warna favorit pada motor. Selain karena memberikan tampilan yang elegan, motor berwarna hitam nggak gampang terlihat kotor. Tapi sayangnya, warna ini mudah sekali kusam, apalagi kalau nggak rajin dirawat. Untuk mengatasi motor hitam yang kusam kamu bisa aplikasikan trim restorer agar warna hitamnya kembali cerah.

Cara Mencuci Motor yang Speedometernya Buram
Retak-retak dan buram pada speedometer cukup sulit diatasi. Meski begitu bukan berarti nggak bisa dilakukan. Untuk kaca spedo yang buram bisa dibersihkan dengan oli mesin. Oleskan secara merata dan diamkan selama 60, lalu lap hingga bersih. Sedang kaca spedo yang retak dapat kamu atasi dengan mengaplikasikan oli bekas, diamkan 2-3 jam, baru lap sampai bersih.

BACA JUGA:Mudik Gratis Honda 2024 Telah Dibuka Pendaftarannya! Ini Persyaratanya

Cara Mencuci Motor Irit Air Bersih Maksimal
Ada juga, lho, cara hemat agar nggak boros air saat mencuci motor. Meski cuma pakai air secukupnya tapi hasilnya, motor tetap bersih dan kinclong maksimal, kok. Triknya adalah menggunakan tabung semprot yang biasa dipakai untuk menyiram tanaman. Alat seperti ini dapat kamu temukan di pasaran dengan mudah dan harganya pun terjangkau.

Jika sebelumnya kamu butuh banyak air untuk mencuci motor, dengan tips ini kamu cuma perlu 5 liter air saja. Daya semprot yang cukup kuat bisa menjangkau bagian tersembunyi pada motor, sehingga bisa dibersihkan secara optimal. Caranya seperti biasanya. Semprot pertama untuk merontokkan kotoran yang melekat.

BACA JUGA:Dibuka Hari Ini! Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2024, Simak Link, Syarat dan Cara Daftarnya

Lalu basuh dengan semprotan air yang sudah dicampur dengan sabun atau shampoo motor. Dan langkah terakhir, bilas lagi menggunakan semprotan bertekanan tinggi agar busa dan sisa sabun bersih. Yang menarik dari alat ini adalah bisa diatur seberapa kuat tekanan airnya dan jumlah air yang keluar. Gimana, tertarik mencoba trik ini?(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: