Masih Bingung Bagaimana Cara Membayar Zakat Fidyah dengan Beras? Ini Penjelasannya

Masih Bingung Bagaimana Cara Membayar Zakat Fidyah dengan Beras? Ini Penjelasannya

Orang yang diperbolehkan tidak puasa dan wajib membayar fidyah-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Puasa di bulan Ramadan adalah ibadah yang wajib untuk dijalankan umat Islam. Namun, beberapa orang yang tidak mampu melakukan ibadah puasa wajib bisa menggantinya dengan membayar fidyah.

Dikutip dari buku Kupas Tuntas Fidyah karya Luki Nugroho, pengertian fidyah secara bahasa adalah memberikan harta untuk menebus seseorang. 

Secara istilah, fidyah adalah pengganti puasa yang dapat dibayarkan dalam bentuk makanan, beras, atau uang.

Diperbolehkan untuk tidak berpuasa dan menggantinya dengan membayar fidyah. Fidyah adalah sejumlah harta benda yang wajib diberikan kepada fakir miskin sebagai ganti dari ibadah puasa yang ditinggalkan.

BACA JUGA:Masih Dihitung Hutang! Ini Dia Hukum Puasa Setengah Bagi Pekerja

Dalil Membayar Fidyah

Fidyah adalah bentuk keringanan yang diberikan Allah SWT untuk orang-orang dengan kriteria tertentu yang tidak mampu melaksanakan puasa wajib di bulan Ramadan. Berikut ini adalah dasar dalil dalam melaksanakan fidyah.

أَيَّامًا مَّعْدُودَٰتٍ ۚ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى ٱلَّذِينَ يُطِيقُونَهُۥ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَن تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهُۥ ۚ وَأَن تَصُومُوا۟ خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: "(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS Al-Baqarah: 184)

Berapa Liter Beras untuk Membayar Fidyah?

Fidyah yang dibayarkan untuk mengganti puasa wajib adalah dengan memberikan makanan pokok. Bisa berupa kurma, gandum, atau beras. 

Dalam masyarakat Indonesia, beras menjadi makanan pokok sehari-hari sehingga umat Islam bisa membayar fidyah dengan beras.

BACA JUGA:Jangan Coba-Coba! Ini Hukumnya Jika Pamer Makanan ke Orang Puasa di Media Sosial

Dilansir dari buku Buka Puasa bersama Rasulullah karya Muhammad Ridho Al-Thurisinai, ukuran fidyah adalah 1/2 sha' kurma, gandum, atau beras yang biasa menjadi makanan pokok keluarganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: