Risiko Mudah Sakit, Ini Dia Dampak Tidak Makan Sahur Saat Puasa

Risiko Mudah Sakit, Ini Dia Dampak Tidak Makan Sahur Saat Puasa

Dampak yang timbul akibat meninggalkan waktu sahur-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selama menjalankan ibadah puasa, kita disarankan untuk tidak boleh melewatkan makan sahur

Makan sahur kerap kali menjadi tantangan bagi sebagian orang. Hal ini bukan tanpa alasan, selain merasa berat untuk bangun tidur pada waktu sahur, seringnya seseorang merasa tidak lapar sehingga enggan untuk menyantap makanan yang telah disajikan. 

Padahal, yang perlu diperhatikan sahur merupakan salah satu kunci utama agar ibadah puasa berjalan lancar. Banyaknya alasan membuat banyak orang yang akhirnya memilih untuk meninggalkan sahur. 

Nyatanya, sengaja melewatkan waktu sahur tidak hanya membuat kamu lebih cepat merasa lapar saat berpuasa. 

Oleh karena itu, sebaiknya hindari kebisaan melewatkan waktu sahur jika tidak ingin mengalami dampak-dampak tidak makan sahur yang akan mempengaruhi ibadah puasa yang tengah dijalankan. 

BACA JUGA:Seberapa Penting Olahraga di Bulan Ramadan? Begini Penjelasan dan Waktu Terbaik Melakukannya

Apa saja dampak jika kita melewatkan makan sahur, Dikutip dari laman halodoc. berikut dampak yang timbul akibat meninggalkan waktu sahur

  • Dehidrasi

Salah satu dampak dari melewatkan  Kebiasaan melewatkan sahur bisa membuat seseorang rentan mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan. 

Pasalnya, tubuh manusia lebih sulit bertahan tanpa air daripada makanan. Kurang mengonsumsi air benar-benar bisa berdampak buruk pada tubuh.

Nah, kamu bisa memanfaatkan waktu sahur dan minum cukup air untuk menjaga cairan dalam tubuh selama berpuasa. Caranya adalah dengan memastikan kebutuhan air terpenuhi, bisa juga dengan mengonsumsi buah.

BACA JUGA:4 Bumbu Dapur Ini, Ampuh Atasi Perut Kembung, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep dan Cara Membuatnya

  • Mudah Lelah

Saat berpuasa, tubuh tidak akan mendapat asupan makanan dan minuman selama 14 jam. Artinya, perlu adanya simpanan nutrisi di dalam tubuh agar aktivitas tetap berjalan dengan lancar. 

Makan sahur adalah waktu yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan zat gizi tubuh.

Puasa yang tidak diawali dengan makan sahur bisa membuat seseorang lebih mudah merasa lelah, karena kehabisan energi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: