Simak Tips Jitu Ajarkan Anak Puasa Sejak Usia Dini Selama Bulan Ramadan

Simak Tips Jitu Ajarkan Anak Puasa Sejak Usia Dini Selama Bulan Ramadan

Simak Tips Jitu Ajarkan Anak Puasa Sejak Usia Dini Selama Bulan Ramadhan -freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Buat kalian para orang tua yang ingin mengajarkan anak tentang kewajiban menjalankan ibadah puasa, Artikel ini akan memberikan informasi dan pemahaman bagaimana  cara mengajarkan anak puasa sejak dini. 

Kenapa anak diajarkan puasa sejak dini? Harapannya agar anak terbiasa menjalankan kewajibannya sebagai muslim pada kemudian hari.

Lantas, bagaimana cara terbaik untuk mengajarkan anak berpuasa? Simak tipsnya melalui ulasan berikut ini, yuk. 

Cara mengajarkan anak puasa sejak dini 

Nah, yang perlu kalian ketahui sebagai orang tua, baik itu baru ataupun suda berpengalaman pada dasarnya, dalam beberapa aturan agama, anak-anak umumnya termasuk dalam golongan yang tidak diwajibkan untuk berpuasa, sama halnya dengan ibu hamil dan orang yang bepergian jauh. 

BACA JUGA:Kesal Alami Diare Saat Puasa? Begini Cara Ampuh Mengatasinya

Sebab anak-anak dianggap memiliki risiko khusus terhadap masalah yang dapat timbul akibat puasa karena masih dalam tahapan tumbuh kembangnya. 

Apalagi, anak membutuhkan lebih banyak cairan dan sumber energi untuk menjaga kesehatan tubuhnya, terutama untuk perkembangan otak anak. 

Oleh karena itu, orangtua perlu melakukan pertimbangan terkait kondisi masing-masing anak sebelum memutuskan untuk mengajarkan anak berpuasa. 

Hal ini termasuk kondisi kesehatan secara keseluruhan, tingkat aktivitas, dan ketahanan diri terhadap rasa lapar.

Namun , bila orangtua ingin mengajarkan anak berpuasa, sebaiknya tidak mengharapkan ia untuk berpuasa penuh sejak awal. Sebaiknya, ajarkan mereka secara bertahap sesuai dengan usianya. 

Nah, untuk mempermudah mengajarkan anak berpuasa, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diterapkan oleh orangtua yang dikutip dari laman hallosehat.com 

BACA JUGA:Cocok untuk Buka Puasa! Resep Roasted Milk Tea Ala Chatime yang Viral di Tiktok

1. Berikan pemahaman yang tepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: