Jangan Sampai Ketinggalan, Mudik Gratis Ditjen Hubdat 2024

Jangan Sampai Ketinggalan, Mudik Gratis Ditjen Hubdat 2024

Proses pendaftaran dapat dil lakukan secara online melalui aplikasi Mitra Darat yang tersedia di Google Play Store dan App Store--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Program mudik gratis juga digelar oleh Ditjen Hubdat untuk Lebaran 2024 ini. Simak selengkapnya tentang jadwal, cara pendafatran hingga tujuan mudik. Bulan Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi menjadi momen yang di tunggu-tunggu bagi umat Muslim untuk merayakan Lebaran.

Merespons kebutuhan masyarakat yang ingin merayakan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menggelar program mudik gratis.

BACA JUGA:Ide Usaha Kerajinan Tangan Yang Menjanjikan Keuntungan

Jadwal dan Pendaftaran Mudik Gratis Ditjen Hubdat
Pendaftaran untuk program mudik gratis telah di buka sejak awal pekan ini. Apakah Anda penasaran dengan jadwal dan rutenya? Proses pendaftaran dapat dil lakukan secara online melalui aplikasi Mitra Darat yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Pendaftaran mudik gratis akan berlangsung mulai 6 Maret hingga 3 April 2024. Namun, penutupan pendaftaran jadwalnya akan menyusul segera jika kuota telah terpenuhi.

Kuota dan Fasilitas
Khusus program mudik ini, pemerintah sudah menyiapkan 722 bus untuk mudik gratis 2024. Total kuota yang tersedia mencapai 30.088. Meliputi 24.368 orang untuk arus mudik dan kuota arus balik sebesar 5.720 orang. Tak hanya mendapat fasilitas bus, mereka juga menyediakan layanan pengangkutan motor bagi penumpang dengan menggunakan truk secara gratis.Kuota yang tersedia untuk pengangkutan motor adalah 900 unit.

BACA JUGA:Tips Kunci Sukses Memulai Bisnis Furniture di Era Digital

Jadwal Mudik Gratis
Untuk jadwal mudik gratis terdiri dari beberapa tahapan, termasuk validasi ulang dan penyerahan sepeda motor serta keberangkatan bus untuk arus mudik dan balik. Jadwal dan Posko Validasi Ulang: Berlangsung dari 6 Maret hingga 3 April 2024, tempat validasi ulang tersebar di beberapa lokasi strategis di berbagai kota.

Penyerahan Sepeda Motor Arus Mudik: Akan di lakukan pada Jumat, 5 April 2024, di Terminal Pondok Cabe.
Keberangkatan Bus Arus Mudik: Akan di laksanakan pada Sabtu, 6 April 2024, di beberapa terminal di berbagai kota.
Penyerahan Sepeda Motor Arus Balik: Registrasi dan penyerahan sepeda motor akan di lakukan pada Sabtu, 13 April 2024, di beberapa terminal.
Keberangkatan Bus Arus Balik: Akan di lakukan pada Senin, 15 April 2024, di beberapa terminal.

BACA JUGA:Pinjaman BPJS Ketenagakerjaan Plafon Hingga 500 Juta

Cara Mendaftar
Untuk mendaftar dalam program mudik gratis, langkah-langkahnya cukup mudah:

- Download Mitra Darat di Google Play Store / App Store.
- Daftar atau masuk ke akun Anda.
- Pilih asal dan tujuan mudik.
- Isi jumlah peserta mudik dan lengkapi data sesuai NIK.
- Kamu akan dapat kode booking untuk divalidasi menjadi e-ticket.

BACA JUGA:Daftar Harga Besi Tua Rongsok per Kilo 2024

Tujuan Mudik Gratis
Program Mudik Gratis Ditjen Hubdat mencakup beberapa kota tujuan di berbagai provinsi, seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan dan Sumatera. Semoga masyarakat dapat merayakan Lebaran bersama keluarga tanpa harus khawatir akan biaya transportasi berkat program ini. Semoga bermanfaat. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: