Ide Usaha Kerajinan Tangan Yang Menjanjikan Keuntungan

Ide Usaha Kerajinan Tangan Yang Menjanjikan Keuntungan

menekuni bisnis sesuai passion kebanyakan pasti terasa menyenangkan.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Usaha kerajinan tangan saat ini bisa menjadi salah-satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan jika digeluti secara baik. Terbukti dengan adanya produk kerajinan tangan di pasar online yang mudah ditemukan oleh orang-orang. Bahkan beberapa produk diantaranya dapat Anda pelajari jika memiliki ketertarikan minat atau hobi di bidang yang sama.

Memulai usaha di bidang kerajinan sama seperti jenis bisnis lainnya. Perlu proses yang tidak semudah membalikan telapak tangan. Hanya saja, jika Anda sudah memiliki hobi dalam bidang tersebut tentu tidak akan sesulit yang dibayangkan karena ada minat dan kemauan. Pasalnya menekuni bisnis sesuai passion kebanyakan pasti terasa menyenangkan.

BACA JUGA:Tips Kunci Sukses Memulai Bisnis Furniture di Era Digital

Adapun ide usaha kerajinan tangan yang dapat Anda coba selain meniru berbagai produk di pasaran harus bisa mengkreativitaskan diri. Sebab, produk usaha kerajinan yang dibuat secara handmade dan memiliki kekhasan biasanya banyak disukai. Selain itu, harga jual produknya juga jauh lebih tinggi daripada hasil produksi mesin. Sebagaimana ide-ide berikut :

Lukisan
Ide peluang usaha kerajinan yang pertama dapat Anda coba tekuni adalah lukisan. Dinamika penjualan lukisan sebagai suatu karya seni dalam dunia bisnis tergolong masih besar, karena ada segmentasi pasar tersendiri. Pada umumnya datang dari keluarga, perkantoran, hingga para collector.

Oleh karena itu, jangan heran apabila lukisan termasuk ide usaha kerajinan tangan yang menghasilkan uang. Berdasarkan permintaan pasar yang rata-rata difungsikan untuk dekorasi ruangan maupun hadiah bagi orang terkasih. Dalam menekuni ide ini, Anda hanya perlu mengasah keterampilan menggambar sehingga menghasilkan karya yang tampak benar nyata.

BACA JUGA:Pinjaman BPJS Ketenagakerjaan Plafon Hingga 500 Juta

Produk Kain Flanel
Bisnis dari produk kain flanel merupakan peluang usaha kerajinan tangan yang sejak sedari dahulu memiliki tempat khusus bagi anak-anak. Contoh produknya meliputi gantungan kunci berkarakter, tempat pensil unik, dompet, boneka, dan lain-lain. Terbuat dari bahan-bahan lain seperti dacron, benang, manik-manik, gantungan, gunting, kertas, dan kancing.

Kerajinan Daur Ulang Kayu
Limbah kayu adalah bahan yang bisa Anda manfaatkan untuk menjadi suatu barang bernilai dalam mengeksplor usaha dari ide kerajinan tangan. Anda bisa membuat barang yang estetika seperti tatakan gelas, lampu hias, alat makan, vas bunga, dan hiasan dinding kamar.

Usaha kerajinan kayu ini memiliki tempat khusus di hati sebagian masyarakat karena memberi kesan classy dan mewah. Alasannya karena, kebanyakan jenis limbah kayu yang digunakan dari pohon jati, pinus, mahoni, dan akasia mempunyai serat mengkilat. Sehingga kerajinan kayu untuk produk tersebut dapat difungsikan menjadi dekorasi rumah yang elegan.

Kerajinan Tanaman Kering
Contoh usaha kerajinan tangan dari tanaman kering belakangan ini banyak diminati oleh sebagian besar generasi-Z. Terutama untuk dekorasi journaling yang difungsikan juga bagi berbagai keperluan. Mulai dari dekorasi kartu ucapan, pembatas buku, dan mahkota. Sementara untuk herbarium kering yang seringkali digunakan yaitu bunga matahari, lavender, mawar, maple, tulip, dan aster.

Aksesoris Wanita
Usaha kerajinan tangan aksesoris wanita merupakan ide bisnis yang bisa Anda coba tekuni berikutnya. Anda bisa membuat kerajinan berupa kalung, gelang, atau cincin dari manik-manik maupun beads hingga fine jewelry berlapis emas secara handmade. Produk kerajinan semacam ini sekarang banyak dicari oleh orang-orang untuk menjadi pelengkap outfit.

BACA JUGA:Begini Cara Pinjam Uang di DANA Premium Hingga Rp500.000

Lilin Aromaterapi
Lilin aromaterapi termasuk contoh usaha kerajinan yang cukup populer belakangan ini. Mempunyai fungsi yang dapat memberikan harum relaksasi dan dipercaya bisa mengurangi stres. Selain itu, lilin aromaterapi juga bisa menjadi alat penerangan alternatif yang sama-sama mempunyai nilai estetika.

Lilin aromaterapi bisa Anda jadikan ide usaha kerajinan yang dikhususkan untuk keperluan seperti bingkisan, souvenir atau kado ulang tahun. Cara pembuatannya pun, Anda hanya perlu menyediakan bahan wax, pewangi, dam benang sebagai sumbu lilin. Selanjutnya buat dengan kemasan yang unik sehingga karakteristik produk tampak menarik.

Kerajinan Tangan Rajut / Menjahit
Usaha kerajinan tangan unik yang bisa Anda coba berikutnya yaitu produk rajutan atau menjahit. Merajut atau crocheting ini merupakan teknik yang menggabungkan benang dengan jarum untuk menghasilkan sesuatu. Misalnya sepatu, sweater, selimut, sling bag, dan masih banyak lagi.

Kerajinan tangan merajut atau menjahit cocok dipelajari oleh Anda yang memiliki minat atau keahlian di bidang fashion. Anda juga bisa mulai dengan membuat butik sendiri atau toko online. Apabila ingin segera memasarkan produk hasil kerajinan tangan pribadi Anda.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Film Menarik Sambut Ramadhan di Bioskop Bengkulu

Bingkisan Parcel
Memberi hadiah kepada seseorang bagi sebagian orang mempunyai makna dan simbol tertentu, diantaranya seperti mempererat tali persaudaraan. Sehingga mereka pasti menyiapkan hadiah yang tidak sembarangan. Meskipun sekedar sentuhan kemasan yang khusus supaya apik dan memberi kesan di hati penerima.

Contohnya menggunakan bingkisan parcel, yang tentu bisa menjadi ide usaha kerajinan tangan rumahan. Usaha membuat bingkisan parcel hampir tidak pernah redup di pasaran, apalagi mendekati momen spesial. Mulai dari acara pernikahan hingga hari raya, yang secara umum parcel berisi buah-buahan, makanan ringan ataupun lainnya.

Bisnis online
Sabun Organik
Sabun organik mulai populer sebab upaya PHBS yang dicanangkan oleh pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, produk yang satu ini pun pantas coba Anda pelajari sebagai ide usaha kerajinan berinovasi. Anda bisa mengkreasikan sabun dengan warna dan aroma tertentu.

Greeting Card
Greeting card atau kartu ucapan masuk ke dalam kategori usaha kerajinan tangan yang lagi booming 2023. Pasalnya minat masyarakat terhadap greeting card ini tidak pernah berkurang sejak dahulu.

Mengingat banyak momen yang selalu request dilengkapi kartu ucapan. Terlebih di tahun 2023 sebagai masa transisi setelah pandemi, greeting card custom cukup membantu mengembalikan semangat.

Bisnis Tas Handmade
Membuat tas handmade sebagai usaha kerajinan tangan dari barang bekas kini trending kembali! Anda bisa membuat tas anyaman dari kain perca atau rotan. Selain menggunakan bahan dari kulit hingga dari plastik bekas yang ramah lingkungan.

BACA JUGA:Daftar Harga Besi Tua Rongsok per Kilo 2024

Bisnis Boneka
Usaha kerajinan adalah jenis bisnis yang memerlukan keahlian berkreatifitas. Contohnya membuat boneka khusus gantungan kunci ataupun berukuran sedang dari kain perca yang dikerjakan dari rumah. Dimana usaha ini biasanya dapat meraup keuntungan dari event seperti kado wisuda dan kado ulang tahun.

Bisnis Custom Case HP
Salah-satu ide kreatif usaha kerajinan tangan modal kecil yang relatif mudah adalah custom case HP. Anda hanya perlu memiliki printer khusus mencetak gambar handmade berkarakter bagi case HP.

Bisnis Scrapbook
Scrapbook atau jenis kado yang berisi kenangan dalam mengabadikan suatu momen juga dapat dijadikan ide usaha kerajinan. Anda bisa membuat scrapbook dengan alat-alat mudah mencakup kertas warna-warni, manik-manik, dan lainnya.

Vas Bunga
Vas bunga merupakan produk kerajinan tangan yang memiliki nilai praktis dan estetika. Sebab fungsinya yang dapat digunakan sebagai hiasan sekaligus tempat untuk menanam. Anda bisa membuat vas bunga sebagai ide usaha kerajinan yang terbuat dari bahan tanah liat atau botol plastik daur ulang.

Cara Memulai Usaha Kerajinan Tangan
Apabila Anda sudah memiliki ketertarikan lebih lanjut dari ke 15 ide kerajinan tangan yang lagi booming barusan. Langkah selanjutnya, tinggal mulai mengeksekusi atau mengimplementasikan kiat-kiat cara memulai usaha kerajinan tangan di bawah ini :.

BACA JUGA:Promo Ramadan! PLN Tebar Diskon Tambah Daya Listrik Hingga 5.500 VA Hanya Rp202.403

Menentukan Target Konsumen
Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk dapat mendukung keberlangsungan usaha adalah menentukan target konsumen. Melalui survei dengan cara melakukan segmentasi pasar, membuat media sosial, dan mengumpulkan data demografis pelanggan. Pastikan memilih market yang sesuai dengan peminatan terhadap produk kerajinan handmade Anda.

Menentukan Strategi Promosi
Setelah mengetahui target konsumen, Anda dapat langsung menentukan strategi promosi yang tepat. Sebagai langkah pengenalan produk kerajinan Anda dengan konsumen. Contohnya flyer iklan yang memuat informasi deskriptif dan persuasi produk dengan teknik marketing.

Media promo yang membuat pelanggan melakukan pembelian ulang produk. Mengikuti bazar Atau pameran yang menampilkan dan memperkenalkan produk kerajinan tangan pilihan. Mengoptimalkan penggunaan media sosial dalam menjadi media iklan paling efektif.

Menentukan Produk
Mematangkan keputusan pilihan produk sehabis mempelajari target konsumen dan strategi pasar merupakan hal yang krusial. Namun, untuk menjaga hasil maksimal dan produk yang dijual ideal. Tentu memerlukan kemampuan dan minat penjual yang sudah memperhitungkan kebutuhan pelanggan serta keterjangkauan bahan baku.

Perencanaan Anggaran
Kiat atau cara memulai usaha yang paling fundamental yaitu melakukan perencanaan anggaran. Pastikan Anda menghitung anggaran secara terperinci, agar ketika usaha sudah berjalan tidak mengalami kerugian atau pengeluaran tak terduga. Selain itu, supaya ada bahan evaluasi pengeluaran untuk langkah selanjutnya.

BACA JUGA:Penyebab Ngantuk saat Puasa? Agar Fokus, Begini Cara Ampuh Atasinya!

Gunakan marketplace
Kiat terakhir dari cara memulai usaha ini Anda bisa mulai dengan mulai memasarkan menggunakan marketplace terpercaya. Selain itu, untuk jasa pengiriman nya dapat menggunakan SAP Express yang menyediakan berbagai layanan. Dari mulai layanan reguler, instant, sampai dengan same day yang dapat sampai di hari yang sama pun ada.

Selain itu,  Anda juga dapat menggunakan layanan pick up untuk memudahkan pengiriman produk. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk datang ke agen atau kantor cabang.Usaha kerajinan tangan ini tentu dapat jadi inspirasi siapa saja, khususnya bagi Anda yang mempunyai hobi di bidang seni kreatif. Kapan lagi coba bisa mendapat cuan dari hobi jika Anda memiliki kemampuan tapi tidak dimulai dari sekarang!(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: