Ciri-ciri Puasa Ramadhan Seseorang Diterima, Ustaz Adi Hidayat: Sesuai Penjelasan Rasulullah SAW

Ciri-ciri Puasa Ramadhan Seseorang Diterima, Ustaz Adi Hidayat: Sesuai Penjelasan Rasulullah SAW

Ustaz Adi Hidayat jelaskan ciri-ciri puasa seseorang diterima Allah SWT-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Puasa Ramadhan adalah salah satu kewajiban utama bagi umat Islam, yang tidak hanya memiliki nilai ibadah yang tinggi, tetapi juga pahala yang besar.

Namun, pelaksanaan puasa Ramadhan seringkali dihadapkan pada rintangan dan kesulitan, baik dalam menahan hawa nafsu maupun menghindari perbuatan dosa.

Oleh karena itu, banyak masyarakat yang berusaha keras untuk mengamalkan berbagai ajaran dan tuntunan Nabi Muhammad agar puasa Ramadhan yang mereka lakukan bisa diterima oleh Allah SWT.

BACA JUGA:Agar Mendapatkan Ampunan di Bulan Ramadhan, Ustadz Adi Hidayat Bagikan Rahasianya

BACA JUGA:Saat Menyambut Bulan Ramadhan, Ustadz Adi Hidayat Sarankan Doa Berikut Ini

Dalam salah satu ceramahnya, Ustaz Adi Hidayat menerima pertanyaan dari jamaahnya mengenai ciri-ciri orang yang telah mendapatkan penerimaan atas ibadah puasanya.

"Tanda paling singkat adalah ada perubahan taqwa seseorang menjadi lebih baik dari yang sebelumnya ke yang sekarang," kata Ustaz Adi Hidayat menjawab pertanyaan tersebut.

Hal tersebut, menurut Ustaz Adi Hidayat sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al Qur'an surah Al Baqarah ayat 183 yang artinya:

"Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu orang yang berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,".

Dalam ujung ayat tersebut dijelaskan bahwa tujuan dari berpuasa adalah untuk mendorong orang agar bertakwa kepada Allah.

Menurut pengertian yang sesuai dengan ajaran Islam, bertakwa berarti mematuhi segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Orang yang bertakwa kepada Allah memiliki ciri-ciri dalam kehidupannya, antara lain:

1. Iman yang meningkat

Mereka menjadi lebih kuat dalam keyakinan dan penghayatan terhadap ajaran agama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: