Inilah Daftar Gaji Polisi Tertinggi di Dunia! Bagaimana dengan Indonesia?

Inilah Daftar Gaji Polisi Tertinggi di Dunia! Bagaimana dengan Indonesia?

Bekerja sebagai polisi memang merupakan suatu kehormatan untuk mengemban tugas sebagai penegak hukum dan pengayom masyarakat.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Berapa sih gaji polisi di Indonesia dan bagaimana perbandingannya dengan gaji polisi di negara-negara lain? Seperti yang Kita ketahui, polisi adalah salah satu pekerjaan paling banyak dicari di Indonesia, ternyata di negara-negara lain juga begitu. Bekerja sebagai polisi memang merupakan suatu kehormatan untuk mengemban tugas sebagai penegak hukum dan pengayom masyarakat.

Namun, dibalik itu semua ternyata nominal gaji juga membuat banyak orang tergiur untuk menjadi seorang anggota polisi. polisi adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki gaji pokok, tunjangan dan tambahan penghasilan lainnya. Bisa dibilang menjadi polisi adalah pintu menuju sukses dan aman dari segi finansial, meski tak menjadi kaya seperti konglomerat.

BACA JUGA:Pekerjaan Penuh Resiko Tinggi! Ini Besaran Gaji Kuli Tower di Indonesia

Update Gaji Polisi Tertinggi di Dunia
Melihat Gaji Polisi di Indonesia saja rasanya sudah cukup tergiur dan ingin mencoba mengikuti seleksi sekolah kepolisian. Lalu bagaimana dengan Gaji Polisi di negara-negara maju lainnya? yuk, simak penjelasan di bawah ini.

- Amerika Serikat : Gaji Polisi rata-rata sekitar 52 jutaan rupiah/ bulan.
- Australia : Gaji Polisi di Australia rata-rata sekitar 46 jutaan rupiah/ bulan.
- Republik Irlandia : memberi gaji polisinya rata-rata sekitar 38 jutaan rupiah/ bulan.
- Selandia Baru : Gaji Polisi rata-rata sekitar 36 jutaan rupiah/ bulan.
- Canada : gaji polisinya sekitar 36 jutaan rupiah/ bulan.
- Britania Raya : polisinya digaji sekitar 34 jutaan rupiah per bulan.
- Malaysia : berani memberi gaji polisinya sampai 30 juta rupiah per bulan.
- Singapura : polisi junior sekitar gaji 3,5 jutaan rupiah/ bulan dan pangkat tertinggi 8,6 juta/bulan
- Thailand : Gaji Polisi di Thailand minimal sekitar 5 juta rupiah per bulannya.
- Papua Nugini : polisi di sana digaji sekitar 5 jutaan rupiah per bulan.
- Filipina : Gaji Polisi rata-rata yaitu sekitar 4 jutaan rupiah/ bulannya.

BACA JUGA:Cara Bayar PayPal di Indomaret dengan Gampang dan Mudah

Gaji Polisi di Indonesia
Presiden Republik Indonesia, Jokowi, menyatakan adanya kenaikan gaji bagi para pegawai polisi. Pernyataan tersebut dituangkan pada Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2019 tentang perubahan ke-12 atas peraturan sebelumnya. Keputusan ini diharapkan bisa meningkatkan daya guna dan kesejahteraan anggota Polri.

Namun, pangkat pegawai Polri juga berbeda-beda dan memiliki beberapa tingkatan, hal ini juga mempengaruhi jumlah gaji yang mereka terima. Kisaran gaji yang diterima oleh anggota Kepolisian adalah antara 1,6 hingga 5,9 juta. Nah, di bawah ini akan dijelaskan lebih rinci dari pangkat paling rendah hingga yang paling tinggi, antara lain:

Gaji Polisi Golongan I (Tamtama)
Golongan I merupakan pangkat paling rendah dalam jajaran anggota Kepolisian Republik Indonesia, atau disebut juga dengan pangkat Tamtama. Karena merupakan tingkatan paling rendah, untuk masuk dan menjadi anggota Tamtama juga cukup mudah, yaitu hanya perlu masuk seleksi dan sekolah selama 6 bulan. Mengenai gaji, berikut ini besaran gaji polisi Golongan I terbaru sesuai tingkatannya, antara lain:

BACA JUGA: Sangat Mudah! Begini Tips Jitu Cara Import Barang dari China Tanpa Pakai PT

- Bayangkara Dua (masa jabatan 0-28 tahun): 1.643.500-2.538.100 rupiah/ bulan. Jabatan ini diperoleh setelah menyelesaikan pendidikan kepolisian baik untuk Brimob ataupun POLAIR. Tugas jabatan ini adalah menjadi tombak utama dalam melaksanakan tugas teknis dilapangan. Karena POLAIR bertugas menjaga keamanan perairan Indonesia sedangkan Brimob sebagai satuan khusus yang menangani huru-hara, menjinakkan bom dan granat, serta bertugas dalam menangani situasi darurat.
- Bayangkara Satu (masa jabatan 0-28 tahun): 1.694.900-2.699.400 rupiah/ bulan. Jabatan ini memiliki tugas yang sama dengan Bayangkara Dua yaitu menjadi ujung tombak utama dalam menangani berbagai situasi darurat di dalam negeri. Namun, jabatan ini lebih tinggi karena memang anggotanya lebih berpengalaman.
- Bayangkara Kepala (masa jabatan 0-28 tahun): 1.747.900-2.699.400 rupiah/ bulan. Jabatan ini memiliki tugas yang sama dengan dua jabatan sebelumnya yaitu menjadi ujung tombak utama dalam menangani berbagai situasi darurat ataupun huru-hara yang terjadi di dalam negeri. Namun, jabatan ini memiliki posisi yang lebih tinggi dalam sistem komando sehingga dua jabatan sebelumnya harus mematuhi aturan dan perintah dari Bayangkara Kepala.

BACA JUGA:Bank Indonesia Bengkulu Siapkan Uang Tunai Rp 2 T Selama Ramadan Hingga Lebaran

- Ajun Brigadir Dua (masa jabatan 0-28 tahun): 1.802.600-2.783.900 rupiah/ bulan. Tugas jabatan ini tidak jauh berbeda dengan tiga jabatan sebelumnya dalam mengatasi berbagai kejadian genting seperti huru-hara, menjinakkan bom, menjaga keamanan dari aksi teroris dan sebagainya. Namun, posisi ini cukup tinggi pada jajaran Tamtama sehingga Ajun Brigadir Dua bisa menjadi orang ketiga atau kedua dalam satu kelompok kesatuan kecil ketika beraksi di lapangan.
- Ajun Brigadir Satu (masa jabatan 0-28 tahun): 1.858.900-2.870.900 rupiah/ bulan. Tugas jabatan ini sama dengan jabatan-jabatan sebelumnya dalam mengatasi berbagai kejadian genting seperti huru-hara, serta menjaga keamanan dari aksi teroris dan lainnya. Tetapi, ajun brigadir satu memiliki posisi yang tinggi dalam rantai komando khususnya ketika beraktifitas dilapangan.Karenanya, perintah dari ajun brigadir satu wajib dipatuhi oleh bawahannya.
- Ajun Brigadir Polisi (masa jabatan 0-28 tahun): 1.917.100-2.960.700 rupiah/ bulan. Tugas jabatan sama dengan jabatan sebelumnya yaitu mengatasi berbagai kejadian berbahaya seperti huru-hara,  aksi teroris dan lainnya. Namun, posisi ini memiliki posisi yang tinggi dalam rantai komando sehingga sering menjadi ketua atau wakil ketua regu ketika beraksi dilapangan.

Posisi dan golongan pangkat untuk Tamtama biasanya berlaku untuk Brigadir Mobil (Brimob) dan POLAIR dan tidak ada pada kesatuan polisi biasa. Jadi, hanya orang tertentu dengan kualifikasi khusus yang ditempatkan pada dua kesatuan tersebut. Namun, dua kesatuan ini tetap berada dibawah naungan Kepolisian Republik Indonesia.

BACA JUGA:Syarat Mudah dan Gampang Kredit Motor Lewat Bank Mandiri 2024

Gaji Polisi Golongan II (Bintara)
Jika tidak ada halangan, karier Anda di Kepolisian akan dilanjutkan ke Golongan II atau disebut juga pangkat Bintara. Bagi Anda lulusan SMA juga bisa langsung mendaftar sebagai Bintara dan nanti harus menjalani sekolah 7 bulan. Berikut ini rincian kenaikan gaji untuk pangkat II atau Bintara, antara lain:

- Brigadir Dua (masa jabatan 0-32 tahun): 2.103.700-3.457.100 rupiah/ bulan. Posisi ini dapat diperoleh setelah melewati Sekolah Polisi Negara (SPN). Tugas jabatan ini adalah menjadi pelaksana tugas kepolisian bergantung pada pembagian tugas dan kesatuan yang diberikan seperti menjaga lalu lintas, mengamankan kerusuhan, menjamin ketertiban dan ketentraman warga di area wilayah kerjanya.
- Brigadir Satu (masa jabatan 0-32 tahun): 2.169.500-3.565.200 rupiah/ bulan. Posisi ini bisa diperoleh setelah melewati masa tugas selama 4 tahun sebagai Bripda. Tugas pada jabatan ini sebagai pelaksana tugas kepolisian sehari-hari bergantung pada pembagian tugas dan kesatuan yang diberikan seperti menjaga lalu lintas, mengamankan kerusuhan, menjamin ketertiban dan ketentraman warga di area wilayah kerjanya, mengurus administrasi dll.
- Brigadir Polisi (masa jabatan 0-32 tahun): 2.237.400-3.676.700 rupiah/ bulan. Posisi ini bisa diperoleh setelah melewati masa tugas selama 4 tahun sebagai Briptu. Tugas pada jabatan ini sebagai pelaksana tugas kepolisian sehari-hari bergantung pada pembagian tugas dan kesatuan yang diberikan. Namun, posisi ini bisa juga menjabat pada bagian tertentu di Polsek daerah seperti bagian administrasi, pengurusan SKCK dll.

BACA JUGA:Tabel Angsuran KUR BRI Plafon Rp 35 Juta Tanpa Jaminan, Cicilan Cuma 1 Jutaan

- Brigadir Kepala (masa jabatan 0-32 tahun): 2.307.400-3.791.100 rupiah/ bulan. Posisi ini bisa diperoleh setelah melewati masa tugas selama 4 tahun sebagai Brigadir. Tugas yaitu sebagai pelaksana tugas kepolisian sehari-hari namun disesuaikan dengan pembagian tugas yang diserahkan atasan. Namun, posisi dapat menjabat sebagai kepala bagian pada Polsek tempat kesatuannya bekerja.
- Ajun Inspektur Polisi Dua (masa jabatan 0-32 tahun): 2.379.500-3.910.300 rupiah/ bulan. Posisi ini bisa diperoleh setelah melewati masa tugas selama 5 tahun sebagai Bripka. Tugas pada jabatan ini sebagai pelaksana tugas kepolisian sehari-hari bergantung pembagian tugas yang diberikan.
- Ajun Inspektur Polisi Satu (masa jabatan 0-32 tahun): 2.454.000-4.032.600 rupiah/ bulan. Posisi ini bisa diperoleh setelah melewati masa tugas selama 2 tahun sebagai Aipda. Jabatan ini memiliki tugas sebagai pelaksana tugas kepolisian sehari-hari bergantung pada pembagian tugas yang diberikan. Namun, posisi ini bisa ditempatkan pada jabatan strategis di Polsek ataupun menjadi kaki tangan kepala Polsek.

Gaji Polisi Golongan III (Perwira Pertama)
Golongan II hanya memiliki 3 jenjang karier dan untuk masuk ke pangkat ini Anda bisa ikut seleksi Akpol atau Akademi Kepolisian. Namun, tentu saja banyak saingan yang harus Anda hadapi karena hampir semua lulusan SMA di seluruh Indonesia mengikuti seleksi ini. Sedangkan masa studi atau sekolahnya selama 4 tahun, berikut ini rincian kenaikan gaji pangkat perwira pertama, antara lain:

BACA JUGA:Panduan Berbelanja Online yang Efisien di Blibli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: