Begini Tips Perawatan Setelah Melahirkan Normal dan Caesar

Begini Tips Perawatan Setelah Melahirkan Normal dan Caesar

perawatan setelah melahirkan caesar Pada dasarnya perawatan setelah melahirkan melalui operasi caesar tidak jauh berbeda dengan persalinan normal. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Minggu-minggu pasca persalinan adalah masa-masa penyesuaian dan pemulihan. Hal ini berlaku baik ketika kamu melalui persalinan normal maupun operasi caesar. Kamu perlu menjalani perawatan setelah melahirkan agar bisa pulih dengan baik. Namun, beberapa ibu mungkin belum tahu apa saja yang perlu dilakukan guna menjaga kesehatan setelah melahirkan. Maka dari itu, temukan informasi lengkap seputar tips perawatan pasca melahirkan yang perlu diperhatikan di sini!

BACA JUGA:Biar Cepat Sembuh! Jangan Konsumsi Makanan Ini Pasca Operasi Caesar

Tips perawatan setelah melahirkan normal
Setelah melahirkan normal, kamu mungkin berpikir bahwa bisa langsung kembali menjalani aktivitas seperti biasanya. Sayangnya, tidak demikian karena kamu harus menyesuaikan diri dengan bayi yang baru lahir serta menjalani perawatan setelah melahirkan normal.

Itu sebabnya, penting untuk diingat bahwa melahirkan adalah suatu proses yang membuat tubuh perlu memulihkan diri dari waktu ke waktu. Jika ingin proses pemulihan berjalan lancar, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu coba.

1. Beristirahat yang cukup
Salah satu hal yang perlu dilakukan usai menjalani persalinan normal adalah beristirahat dengan cukup. Bagaimana tidak, melahirkan adalah sebuah kerja keras yang mungkin membuat kamu tidak bisa tidur nyenyak di rumah sakit.  Oleh karena itu, beberapa minggu pertama setelah melahirkan menjadi waktu yang penting bagi kamu untuk beristirahat kapan pun kamu bisa. Cobalah untuk tidur atau istirahat ketika bayi tidur. Ini tentu bisa membantu tubuh lebih cepat pulih.

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu kaji kerja sama dengan PT Telkom upaya patuhi UU ASN

2. Jaga pola makan
Perawatan usai persalinan normal selanjutnya adalah menjaga pola makan. Pastikan kamu mengonsumsi makanan agar cepat pulih setelah melahirkan yang bergizi.  Jangan lupa pilih makanan yang kaya akan protein, serat, vitamin, dan mineral. Dengan begitu, kamu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi untuk diri kamu dan buah hati.

3. Rawat luka dengan baik
Jika mengalami luka episiotomi atau robekan perineum saat melahirkan, lakukan perawatan yang baik terhadap luka tersebut. Ikuti petunjuk dokter dan bidan mengenai membersihkan luka, mengganti pembalut, dan menghindari infeksi.

4. Jaga kebersihan
Jaga kebersihan tubuh dengan mandi secara teratur. Gunakan air hangat dan sabun lembut. Pastikan area perineum kamu tetap bersih dan kering setiap saat. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan meskipun hal ini tampak sepele. Usahakan cuci tangan setelah mengunjungi kamar mandi, mengganti popok bayi, dan sebelum menyusui bayi.

BACA JUGA:Makan Buah Ini Bisa Pelancar Bab Setelah Melahirkan, Kata Ahli!

5. Batasi orang yang ingin menjenguk
Sudah bukan rahasia lagi bila banyak orang yang ingin membesuk usai melahirkan. Namun, ada baiknya kamu membatasi penjenguk sebagai bagian dari perawatan setelah melahirkan. Ini sebenarnya tidak masalah atau mengatakan tidak sepenuhnya selama beberapa minggu pertama.Pasalnya, selama periode ini kamu perlu menyesuaikan diri dengan kehidupan baru dengan bayi kamu, serta pemulihan pasca persalinan.

6. Perhatikan kontraksi rahim
Setelah melahirkan, kamu mungkin mengalami kontraksi rahim saat menyusui. Kontraksi ini normal dan membantu rahim kembali ke ukuran semula.Minum air yang cukup dan beristirahatlah dengan baik untuk membantu mengurangi ketidaknyamanan yang mungkin timbul.

Perawatan setelah melahirkan caesar
Pada dasarnya perawatan setelah melahirkan melalui operasi caesar tidak jauh berbeda dengan persalinan normal. Bedanya, kamu mungkin akan melalui waktu pemulihan yang lebih lama dengan bekas luka yang perlu dirawat dengan hati-hati. Simak bagaimana cara merawatnya di sini!

BACA JUGA:Agar Istri Bisa Menjadi Ladang Surga, Gus Baha Bagikan Caranya

1. Jaga kebersihan luka caesar
Jaga kebersihan luka caesar dengan membersihkannya secara lembut menggunakan air dan sabun antiseptik yang direkomendasikan oleh dokter. Ganti pembalut sesuai petunjuk dokter dan ikuti prosedur perawatan yang diberikan. Bila perlu, kenakan pakaian yang longgar dan nyaman, serta celana dalam katun. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko infeksi luka yang tidak diinginkan.

2. Minum obat pereda nyeri
Usai menjalani persalinan caesar, kamu mungkin akan merasakan nyeri yang cukup mengganggu. Dokter biasanya akan merekomendasikan ibuprofen, acetaminophen, atau obat ain untuk meredakan nyeri pada luka sayatan. Kabar baiknya, sebagian besar obat pereda nyeri aman untuk ibu menyusui.

3. Olahraga ringan
Meski perawatan setelah melahirkan operasi caesar tidak disarankan untuk mengangkat barang berat, bagaimana dengan mencoba olahraga ringan, seperti jalan? Berjalan santai setiap hari bisa membantu tubuh dan pikiran menjadi merasa lebih baik. Kamu bisa mulai dengan 5 menit berjalan kaki di sekitar rumah. Bila perlu, minta fisioterapis di rumah sakit atau dokter untuk menyarankan beberapa ide olahraga yang bagus saat kamu mulai pulih.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini Dia Makanan Untuk Penderita Wasir

4. Hindari mengangkat barang berat
Baik ibu yang baru saja menjalani operasi caesar maupun persalinan normal, kamu mungkin memerlukan bantuan ketika mengangkat barang. Pasalnya, mengangkat barang melibatkan gerakan ke atas, mengangkat, atau menekuk yang bisa membebani bekas operasi.

Artinya, kamu mungkin memerlukan seseorang untuk mengeringkan cucian, menyapu rumah, dan membantu pekerjaan rumah lainnya. Hindari mengangkat barang yang lebih berat dari bayi kamu atau hal-hal yang bisa memicu rasa sakit.

BACA JUGA:Agar Istri Bisa Menjadi Ladang Surga, Gus Baha Bagikan Caranya

Nah, itu tadi sederet tips perawatan setelah melahirkan yang perlu kamu perhatikan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu mungkin bisa menjalani proses pemulihan dan bisa beraktivitas seperti biasanya lebih cepat. Selalu konsultasikan dengan dokter bila terjadi hal-hal yang mengkhawatirkan terkait bekas luka atau apapun itu, ya!(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: